BRAND TRUST, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA TIKTOK SHOP

Septia Dwi Anggraini, Eny Kustiyah, Rochmi Widayanti

Abstract


Kemajuan internet membawa dampak besar terhadap aspek kehidupan, salah satunya perubahan kebiasaan konsumsi masyarakat Indonesia, yang terlihat dari meningkatnya preferensi masyarakat Indonesia untuk berbelanja online dibandingkan pergi ke toko fisik. TikTok Shop semakin populer sebagai aplikasi social commerce karena beberapa faktor. Penelitian dilakukan untuk mengetahui dampak brand trust, online customer review, dan digital payment terhadap keputusan pembelian di Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan bantuan Smart PLS. Penelitian ini menggunakan seluruh Generasi Z pengguna TikTok Shop di Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri dengan jumlah sampel 100 responden yang ditentukan melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan masing-masing variabel terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Brand trust, online customer review, digital payment, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Anggoro Wilis, R., & Faik, A. (2022). Effect of Digital Marketing, Influencer Marketing and Online Customer Review on Purchase Decision: A Case Study of Cake Shop “Lu’miere.” Petra International Journal of Business Studies, 5(2), 155–162.

Annur, C. M. (2024). TikTok Masuk 5 Besar Daftar Media Sosial Terpopuler Dunia pada Awal 2024. TikTok Masuk 5 Besar Daftar Media Sosial Terpopuler Dunia pada Awal 2024

Ardani, W. (2022). Komunikasi Pemasaran (1st ed.). PT Global Eksekutif Teknologi.

Fauzi, A., Salwa, S. A., Safitri, A., Julianti, E. A. C., & Fazriyah, S. N. (2023). Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Digital Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 11–17.

Hair, J. F., M. Tomas, G., Ringle, H. C. M., & Sarstedt, M. (2022). Partial least squares structural equation modeling. In Women Entrepreneurs. SAGE Publications.

Irbad, Y. M., Wahono, B., & Sholehuddin, S. (2023). Pengaruh Product Quality, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi kasus Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 1–6.

Kotler, P., & Keller, K. . (2016). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3

Rifa’i, K. (2019). KEPUASAN PELANGGAN (CUSTOMER SATISFACTION) ; Membangun Loyalitas Pelanggan. Zifatama Publisher, 1–191.

Sahir, S. H. (2023). Metode Pembayaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Sari, P. T. I., & Prabowo, R. E. (2024). The Influence of Brand Image, Brand Awareness, and Brand Trust on Samsung Smartphone Purcase Decision. Jurnal Ekonomi, 13.

Yusuf, M., & Yandri, P. (2021). Effect of digital payments and sales promotion on beverage franchise product purchase decisions :case study of Haus consumers in Binus branch. The Management Journal of Binaniaga, 6(1), 71.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i1.7257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.