ANALISA STRATEGI PENEMPATAN MEREK SEBAGAI BAGIAN DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

Edwin Agung Wibowo

Abstract


Komunikasi pemasaran memiliki peran kunci dalam membentuk citra merek dan dalam meningkatkan penjualan sebuah merek. Ketatnya situasi persaingan usaha, perkembangan teknologi, dan perubahan perilaku konsumen membuat pemasar harus menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Strategi penempatan merek adalah salah satu strategi dalam komunikasi pemasaran terpadu. Strategi ini dinilai lebih efektif dibandingkan strategi komunikasi iklan melalui media televisi. Konsep strategi penempatan merek sudah ada sejak lama dan terus berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Dengan mempelajari, memahami dan mengimplementasikan strategi tersebut, perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Avery Rosemary J and Rosellina Ferraro., “Verisimilitude or Advertising? Brand Appearances on Prime Time Television”, Journal of Consumer Affairs, 34(2), 217-2444, 2000.

Blythe, J., “Essential of Marketing Communications”, 2nd Edition, Pearson Education Limited, England, 2003.

d'Astous., Alain; Seguin, Nathalie, “Consumer Reactions to Product Placement Strategies in Television Sponsorship”, European Journal of Marketing; Vol. 33 No. 9, 1999.

Fill, C.,” Marketing Communications, Prentice Hall, 1995

Fournier, Susan and Robert J Dolan, Launching the BMW Roadster, case No-N9-597-002 Harvard Business School, Boston 1997.

Hirschman, Elizabeth C, The Ideology of Consumption-A Structural-Syntactical Analysis of 'Dallas' and 'Destiny', Journal of Consumer Research, December 15, 344-359, 1988.

Holbrook, MorisBandMarkWGrayson, The Semioiogy of Cinematic Consumption: Symbolic Consumer Behavior in Out of Africa, journal of Consumer Research, December, 374-381,1986

Kotler P & Amstrong G., “Principle of Marketing”, 10th edition / International Edition, Prentice Hall, New Jersey, 2004.

Petrison, L. A. and Wang, P., “Integrated Marketing Communication: An Organizational Perspective”, Marwah: Lawrence Erlbaum, 1996.

Russel, Cristel A., “Towards Framework of Product Placement: Theoretical Propositions in Advances in Consumer Research”, Vol. 25 ed. Joseph W Alba and Wesley Hutchison Provo, UT: Association of Consumer Research, 357-362, 1998.

Shapiro, M.,“Product Placements in Motion Pictures”, Working Paper, North Western University, New York.

Solomon, Michel R and Basil G English, the Big Picture: Product Complementarities and Integrated Communication, Journal of Advertising Research, 34(1), 57-64, 1994

Sumardi,”Beyond Conventional Media”, Majalah MIX edisi bulan April, PT Media Temprina, Jakarta, 2006.

Turcotte, S.,“Gimme a Bud! The Feature Film Product Placement Industry”, Masters' Thesis, University of Texas, 1995

Tot., ”Iklan TV Tak Lagi Jadi ”Raja” dalam Dunia Pemasaran” Sinar Harapan, edisi 6 Agustus, Jakarta, 2013.

Yeshin, T.,”Integrated Marketing Communications – The Holistic Approach”, The Chartered Institute of Marketing, 2004.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i1.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.