PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA BATU KAPUR TUBAN

Sutrisno Sutrisno, Moehadi Moehadi, Kharisma Laila Ismawati, Sri Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kepercayaan, kualitas produk, dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa variabel kepercayaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai signifikansi sebesar 0,244 (> 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,092. Sebaliknya, variabel kualitas produk menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,722, yang mengindikasikan bahwa kualitas produk merupakan faktor utama yang memengaruhi kepuasan konsumen. Selain itu, variabel promosi juga berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen, meskipun dengan pengaruh yang relatif kecil, dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 (< 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,112. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya meningkatkan kualitas produk sebagai prioritas utama untuk meningkatkan kepuasan konsumen, diikuti oleh optimalisasi strategi promosi. Meskipun kepercayaan tidak signifikan, membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen tetap diperlukan. Studi ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha untuk merancang strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan kepuasan konsumen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i1.7410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.