PENGARUH PELATIHAN, KOMPENSASI, KOMPETENSI, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN NATUNA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan, kompensasi, kompetensi, dan motivasi terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Natuna. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 79 guru melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja guru (β = 0,148; p > 0,05). Sementara itu, kompensasi (β = 0,312; p < 0,05), kompetensi (β = 0,451; p < 0,01), dan motivasi (β = 0,389; p < 0,01) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan, keempat variabel ini memberikan kontribusi sebesar 67,8% terhadap kinerja guru (F = 34,215; p < 0,01). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun pelatihan berperan dalam meningkatkan keterampilan guru, kompensasi yang adil, kompetensi yang tinggi, dan motivasi yang kuat lebih berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu, kebijakan pendidikan perlu difokuskan pada peningkatan kesejahteraan guru, penguatan kompetensi, serta strategi motivasi yang lebih efektif guna menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas di SMK.
Kata Kunci: Pelatihan, Kompensasi, Kompetensi, Motivasi, Kinerja Guru.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Daft, R. L (2020), Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Bagaskara, S. (2022). Belajar Mudah dan Praktis Analisis Data dengan SPSS dan JASP. Raden Intan University Press.
https://repository.radenintan.ac.id/25436/1/Buku%20ISBN%20Belajar%20Mudah_Praktis%20SPSS-JASP.pdf
Hasibuan, M (2019), Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kasmir (2018), Manajemen Sumberdaya Manusia (4th ed.). Jakarta: Rajawali Press.
Moeheriono (2018). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Revisi). Jakarta: Rajawali Press.
Noviyanti, & Ismaya, S. B (2022). Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis, Dan Keuangan, 2(1), 79-88.
Rivai, V (2018), Manajemen Sumberdaya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Robbins, S. P., & Judge, T. A (2018), Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sedarmayanti (2018), Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk MeningkatkanKompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Refika Aditama.
Sinambela, L. P (2018), Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sudirman, Ohoiledwarin, G. P., Yuliana, R., Arta, D. N. C., & Hartanto (2023), Effect of Competence and Discipline on Employee Performance at the Education Office. JIRK-Journal of Innovation Research and Knowledge. 2(9), 3589-3594.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, E (2019), Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Prananda Media Group.
Terry, G. R., & Rue, L. W (2016), Dasar-Dasar Manajemen (11th ed. ), Bumi Angkasa.
Tumanggor, B., & Girsang, R. M (2021). Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPT Badan Pendapatan Daerah Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Manajemen: Jurnal Ekonomi USI. 3(1), 42-55.
Malayu S.P Hasibuan. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Bumi Aksara.
Rohmat, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business. Vol. 3.
Shields, John. (2020). Managing Employee Performance And Reward: Concepts, Practices, Strategies. Inggris: Cambrige University.
Astarina, I., & Windartini, S. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Samarinda: STMIK Widya Cipta Dharma.
Ajabar. (2020). Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Group Penerbitan CV. Budi Utama.
Arifin, Hadi et al. 2018. “The Relationship Of Job Satisfaction, Transformational Leadership, And Work Discipline On Performance Employee With Organizational Commitment As Intervening Variabel Of Administration Staffs At State Malikussaleh University”. Indonesian Journal of Educational Review. p-ISSN 2338-2018 | e-ISSN 2335-8407 Vol. 5, No.1.
Pragiwani, et al. (2020). Biaya Gaji, Biaya Pelatihan Tenaga Kerja, Jumlah Karyawan Dan Produktivitas Karyawan. Responsive. Volume 3 No. 2.
Sitorus, S., W. K. Siburian, Siagian, F. F, and Y. Gultom. 2019. “Pengaruh Locus of Control, Organizational Commitment, Performance, Dan Turnover Intention Terhadap Dysfunctional Audit Behavior Pada Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Di Sumatera Utara.” Jurnal Aksara Public. 3:122-33.
Dewi, P. D., dan Harjoyo. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Tangerang Selatan: UNPAM PRESS.
Gutara, M. Y., Pogo, T., & Pramudena, S. M. (2021). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Kerja, dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Indikator. 15(1),45-58. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/11478.
Hidayati, L., Haryati, T., & Yuliejantiningsih, Y. (2023). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 18(2),100-110. https://journal.upgris.ac.id/index.php/jmp/article/view/15299
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i1.7589
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.