HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 LUWUK

Edy Wibowo

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara kecemasan belajar matematika siswa dengan Disposisi matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Luwuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Luwuk kelas VIII Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 304 orang yang tersebar pada 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate random sampling sebanyak 15% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 46 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negative dan signifikan. Dengan koefisien korelasi (r) = -0.612 yaitu signifikan , dan thit=  sedangkan ttabel = 1,645 maka diperoleh thit > ttabel  atau 10.457 > 1.645, yang menyatakan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecemasan belajar Matematika siswa dengan Disposisi Matematika, yaitu semakin tinggi tingkat kecemasan belajar Matematika Siswa, akan semakin Rendah Disposisi Matematika

.

Kata kunci: Kecemasan Belajar Matematika, Disposisi Matematika

 

Abstract. This research aims to determine the correlation between mathematics Anxiety and mathematical Disposition of students in VIII grade of SMP N 2 Luwuk.The Methodology of the research is survey with correlational approach. Population of this research are all of students in VIII grade of SMP N 2 Luwuk of 2016/2017 academic year, which us consist of 304 students in eight classes. Sampling is done by implementing proportionate random sampling in 15% from total population. So ,there is 46 students as research sample. Data analysis of this research are descriptive analysis used in examine the hypotheses are correlation analysis and simple regression.The Results showed that negative and significant relationship. Correlation coefisien (r) = -0.612 is siginificant, and tcount= 10.457, while ttable = 1.645. so tcount > ttable or 10.457 > 1.645 it showed that theher were a negative correlation between mathematics Anxiety and mathematical disposition, which is the higher level of mathematics Anxiety , so lower the mathematical disposition.

 

Keywords: Mathematics Anxiety,Mathematical Disposition.


Keywords


Pendidikan Matematika

Full Text:

PDF

References


Abbas, N. (2012). Bahan Ajar Statistika Penelitian (1st ed.). Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Asriadi. (2010). Hubungan antara Kecemasan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Gorontalo: FMIPA UNG.

Keysar, P. (2010). Merancang Butir Soal dan Instrumen untuk Penelitian (Pertama). Gorontalo: BMT Nurul Jannah.

Mahmuzah, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 43–53.

Nurbaiti Widyasari , Jarnawi A Dahlan, S. D. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 28–39.

Ramirez, G., Gunderson, E. A., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2013). Math Anxiety, Working Memory, and Math Achievement in Early Elementary School. Journal of Cognition and Development. https://doi.org/10.1080/15248372.2012.664593

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya ( Mathematic Anxiety and How To Reduce It ). Pyhthagoras Jurnal Pendidikan Matematika Unrika, 3(2), 75–84.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian (26th ed.). Bandung: Alfabeta.

Suharsono. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMA MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 278–289.

Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Maths Anxiety: The Fear Factor in the Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teachers’ …, 9(1), 6–15. Retrieved from http://www.teacherswork.ac.nz/journal/volume9_issue1/whyte.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.