KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Hubungan positif antara kecerdasan emosional terhadap komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam tahun pelajaran 2015/2016, (2) Besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan satu hipotesis, yaitu kecerdasan emosional berkontribusi terhadap komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling, yaitu simple random sampling. Kemudian, untuk menentukan ukuran sampel penulis menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam yang tergolong cukup kuat. (2) Terdapat kontribusi antara kecerdasan emosional terhadap komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam sebesar 29,57%. Sedangkan sisanya sebesar 70,43% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.