HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP IP MAHASISWA PEKERJA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNRIKA TAHUN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara Motivasi terhadap nilai Indeks Prestasi Mahasiswa Pekerja. (2) Hubungan antara Gaya Belajar terhadap nilai Indeks Prestasi Mahasiswa Pekerja. (3) Hubungan antara Motivasi dan Gaya Belajar secara bersama-sama terhadap nilai Indeks Prestasi Mahasiswa Pekerja. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi merupakan mahasiswa pekerja di Prodi Matematika Semester IV Universitas Riau Kepulauan Batam tahun 2016/2017 Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel sebanyak 31 mahasiswa pekerja. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup. Uji validitas instrumen menggunakan Pearson/Product Moment dan uji realibilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara motivasi dan nilai indeks prestasi mahasiswa pekerja dengan nilai korelasi 0,514 (2) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara gaya belajar dan nilai indeks prestasi mahasiswa pekerja dengan nilai korelasi 0,489 (3) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara Motivasi dan Gaya Belajar secara bersama-sama terhadap nilai Indeks Prestasi Mahasiswa Pekerja dengan nilai korelasi 0,532.
Keywords
Motivasi, Gaya Belajar, Indeks Prestasi Mahasiswa, Mahasiswa Pekerja.
Full Text:
PDFReferences
DePorter, Bobbi., & Hernacki, Mike. (2011). Quantum Learning. (Terjemahan Abdurrahman). New York: Dell Publishing. (buku asli diterbitkan tahun 1992)
Lubis, Syahron. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Rev. ed.). Padang: Sukabina Press.
Riduwan, M.B.A. (2009). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.