PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH ANALISIS VEKTOR DI UNRIKA

Asmaul Husna, Nailul Himmi

Abstract


Abstrak. Tujuan Umum penelitian untuk mengembangkan modul Analisis Vektor yang valid di Program Studi Pendidikan Matematika UNRIKA. Tujuan khusus penelitian adalah menyediakan produk berupa modul Analisis Vektor berbasis  Konstruktivisme. Untuk mencapai tujuan tersebutdiperlukan suatu rancangan penelitian. Rancangan penelitian ini diuraikan dalam prosedur penelitian, prosedur penelitian yang digunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi.  Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian modul dalam bentuk checklist yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk mengukur kevalidan. Data hasil validasi dari validator terhadap seluruh aspek yang dinilai, dianalisis secara kuantitatif dengan memberikan skor sesuai dengan skala yang ditetapkan yaitu pada rentang 1-4 dengan kategori sangat kurang-sangat baik. Hasil skor disajikan dalam bentuk tabel kemudian dicari persentase skor tersebut. Adapun hasil validitas modul dari ahli media diperoleh sebesar 78,92% dengan kategori baik dan validitas modul dari ahli materi sebesar 78,57% dengan kategori baik.

Kata Kunci: Analisis Vektor, Konstruktifisme, Modul

 

Abstract. General Purpose of the study to develop a valid Vector Analysis module in the UNRIKA Mathematics Education Study Program. The specific purpose of the research is to provide products in the form of Constructivism-based Vector Analysis modules. To achieve this goal, a research design is needed. The design of this study is described in the research procedure, the research procedure used by ADDIE model consists of 5 stages, namely the analysis stage, the design phase, the development stage, the implementation stage and the evaluation stage. The instrument used was a module assessment sheet in the form of a checklist given to material experts and media experts to measure validity. The validation data from the validator on all aspects that are assessed, are analyzed quantitatively by giving a score according to the specified scale in the range 1-4 with very less-very good category. The score results are presented in the form of tables and then look for the percentage of the score. The results of module validity from media experts were 78,92% with good categories and module validity from material experts was 78,57% with good categories..

Keywords: Constructivism, Module, Vector Analysis

Keywords


Modul; Konstruktivisme; Analisis Vektor

Full Text:

PDF

References


Akbar, I. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Ebook Berbasis-Web dengan Menggunakan LaTeX pada Matakuliah Analisis Vektor. Retrieved from http://www.academia.edu/download/37337753/ebook-latex.pdf.

Handhika, J., & Kurniadi, E. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Analisis Vektor Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 12–15.

Himmi, N., & Hatwin, L. B. A. (2018). Pengembangan modul sistem pertidaksamaan dua variabel berbasis geogebra terhadap kemampuan visual thinking matematis siswa kelas x. Pythagoras, 7(April), 35–46.

Karmila, E., & Husna, A. (2013). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Kerajinan Tangan Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 25 Air Dingin Kecamatan. Dimensi, 4(2), 1–12.

Lusiana, R. (2013). Profil Pemahaman Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri Pada Mata Kuliah Analisis Vektor. IKIP PGRI Madiun, Kota Madiun. JIPM, 2(1).

Nurohman, S. (2008). Peningkatan Thinking Skills Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme di Sekolah Alam. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 129–144. https://doi.org/10.21831/PEP.V11I1.1423

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alphabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pengembangan Research and Development. Bandung: Alphabeta.

Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Widiastuti, T. T. (2017). Pembelajaran Dengan Bahan Ajar Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Analisis Vektor Semester Iv Prodi Pendidikan Matematika Tahun Pelajaran 2015/2016. JES-MAT, 3(1), 11–19.

Widiyoko. (2007). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.