ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA BERDASARKAN LANGKAH IDEAL PROBLEM SOLVING

Fitri Indriyani, Novi Andri Nurcahyono, Nur Agustiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII berdasarkan langkah IDEAL.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling didapat 3 siswa yang dijadikan subjek sesuai kemampuan pemecahnya yaitu kemampuan tinggi (S14), sedang (S9) dan rendah (S21). Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Pengumpulan data penelitian ini tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan subjek berkemampuan tinggi dapat melewati semua langkah pemecahan, hanya saja masih terkendala pada melaksanakan strategi terdapat kesalahan dalam operasi. Subjek sedang masih kesulitan dalam menuliskan informasi akan tetapi mengerti permasalahan, subjek hanya memiliki strategi yang tepat untuk 1 soal aja, subjek masih kurang dalam mengkaji hasil. Subjek berkemampuan rendah hanya mengerti permasalahan dan mengetahui infotmasi tanpa mempunyai strategi untuk menyelesaikannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII berdasarkan langkah IDEAL. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling didapat 3 siswa yang dijadikan subjek sesuai kemampuan pemecahnya yaitu kemampuan tinggi (S14), sedang (S9) dan rendah (S21). Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Pengumpulan data penelitian ini tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan subjek berkemampuan tinggi dapat melewati semua langkah pemecahan, hanya saja masih terkendala pada melaksanakan strategi terdapat kesalahan dalam operasi. Subjek sedang masih kesulitan dalam menuliskan informasi akan tetapi mengerti permasalahan, subjek hanya memiliki strategi yang tepat untuk 1 soal aja, subjek masih kurang dalam mengkaji hasil. Subjek berkemampuan rendah hanya mengerti permasalahan dan mengetahui infotmasi tanpa mempunyai strategi untuk menyelesaikannya.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah, IDEAL

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.