PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Gina Ayu, Yesi Gusmania

Abstract


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar matematika, (2) Pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar matematika, (3) Perbedaan pengaruh model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa Kelas XI SMK Widya 2 Batam tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengampilan sampel dilakukan dengan teknik  Sampling Jenuh. Data diperoleh dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah one sample t test dan independen sample test. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari () (3,0962,093) (2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari () (1,844 2,160), (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualzation denganmodel pembelajaran konvensionalterhadap hasil belajar Matematika( = 3,385 = 2,037)

Kata Kunci :Team Assisted Individualization, Hasil Belajar.

 

Abstract. This research intent to know: (1) influence of learning model of Team Assisted Individualization to mathematics learning result, (2) the influence of conventional learning model on mathrmatics learning autcomes, (3) differences in Team Assisted Individualization learning model with conventional learning model on mathrmatics learning autcomes. The type of this research was quasi experimental research with Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. The population in this research is all of students at eleventh grade students of SMK Widya 2 Batam in 2018/2019 academic year with two classes that total 34. The techniqeue of collecting sample used sampling jenuh. The data obtained used instrument test has tested validity and reliability. The data analysis used one simple t test and independent samles test. The finding results showed: (1) there are influence of Team Assisted Individualization learning model on learning outcomes, this is seen () (3,0962,093) (2) there is no conventional learning model on the learning outcomes, this is seen () (1,844 2,160) (3) there are differences in the influence of Team Assisted Individualization learning model with the conventional learning midel on mathematics learning outcomes ( = 3,385 = 2,037)

Kata Kunci :Team Assisted Individualization, Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Achdiyat, Maman & Andriyani, Fitriya.(2016). Hasil Belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran Team Asssisted Individualization (TAI).Jurnal Formatif, 6(3): 246-255.

Istarani & Ridwan, Muhammad.(2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.

Lestari, K. E, & Yudhanegara, M. (2017).Penelitian Pendidikan Matematika .Bandung: Refika Aditama.

Shoimin ,Aris.(2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Sugiyono.(2011). Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.