KONTRIBUSI SELF EFFICACY DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 52 BATAM

Rizki Oktavianti.S, Yessy Yusnita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi self efficacy terhadap hasil belajar. (2) Kontribusi gaya belajar terhadap hasil belajar matematika.   (3) kontribusi self efficacy dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 52 Batam Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 52 Batam yang berjumlah 223 siswa. Teknik sampling yang digunakan berjenis simpel random sampling dengan 144 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah diuji validitas serta reabilitasnya. Teknik analisis untuk menguji hipotesisnya menggunakan rumus korelasi kendal tau dengan dibantu softwer SPSS versi 20. Berdasarkan hasil  penelitian maka diperoleh: (1) Tidak terdapat hubungan self efficacy terhadap hasil belajar  (τ = 0,107) dengan hasil belajar sangat lemah (1,15%). (2) Tidak terdapat gaya belajar terhadap hasil belajar (τ = 0,068) dengan hasil belajar sangat lemah (0,46%). (3) Tidak terdapat hubungan antar self efficacy dan gaya belajar  (τ = 0,151) dengan hasil belajar sebesar (2,29 %).

 


Keywords


self efficacy, gaya belajar dan hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2013). Perundangan Tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta: Cempaka Putih.

Bare, A.L.,Uda,G.,et al. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, audotorial, dan kinestik terhadap prestasi belajar siswa. Vol 44 no 22 Diambil pada tanggal 5 April 2017 dari

http: jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/4321/2176

Dora Detrina Hutagulung (2014) “ Hubungan Self Efficacy dan Motivasi Belajar dengan Hasil Beljar Matematika siswa kelas XI IPS SMA NEGRI 5 BATAM Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Riau Kepulauan, Batam

Kasmadi & Nia Siti.S. (2014) . Panduan Modern Penelitian Kuantitaif . Bandung: Alfabeta

Ridwan. (2012). Pengaturan Statistika untuk Penelitian Pendidikan Sosial Komunikasi Ekonomi, dan Bisnis. Bandung : Alfabeta

Widoyoko, E. (2013). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.