EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMRI) TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Reykha Nindya Komalig, Yesi Gusmania, Asmaul Husna

Abstract


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain The One-Shot Case Study Design.Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKIT Darussalam Boarding School 01 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh sebanyak 19 siswa. Jenis tes yang diberikan adalah tes uraian sebanyak 8 soal dan dilakukan analisis instrumen menggunakan validitas isi, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas sehingga didapat 5 soal untuk menjadi tes akhir. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dengan hasil data posttest normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parametris yaitu uji t satu sampel satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh nilai . Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwapendekatan PMRI efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis


Keywords


pendidikan matematika realistik indonesia; pemecahan masalah matematis;pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1) , 31-41.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1) , 53-61.

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian ( Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sarbiyono. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2) , 163-173.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS, 2(1), 86-93.

Sutikno, S. (2014). Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Wahidin, & Sugiman. (2014). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1) , 99-109.

Windari, F., Dwina, F., & Suherman. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2) , 25-28.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.