PENGARUH KEDISIPLINAN, RASA PERCAYA DIRI, DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nova Kumala Sari, Nailul Himmi

Abstract


Abstrak. Penelitian untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara kedisiplinan, rasa percaya diri dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Islam Hang Tuah Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Islam Hang Tuah Batam Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan 88 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin sebanyak 72 siswa.Instrumen yang digunakan telah di uji validitas dan reliabilitas berupa angket kedisiplinan (, angket kepercayaan diri  dan tes kecerdasan logis . Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, heteroskedatisitas, dan autokorelasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan: (1) Terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar matematika (3) Terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika  (4) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kedisiplinan, rasa percaya diri dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika dengan  persamaan regresinya yaitu .

Kata Kunci: Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, Kecerdasan Logis Matematis, dan  Hasil Belajar Matematika.

 

Abstract.This  study aims to know  students’ effect of Discipline, Self-Confidence and Logical Mathematical Intelegence to Learning of Come Mathematics For Students Class X SMK Islam Hang Tuah Batam A.Y 2017/2018. This type of research is quantitatif. The population in this research based on 88 students of class X of SMK Islam Hang Tuah Batam Academic year 2017/2018. Teknic sampling using saturated Simple Random Sampling of Slovin as 72 students. The instrument was valid and reliable whit discipline questioner (, self efficacy questioner  and test logical mathematical intelegence . Prerequisite tests include normality test, linearity test, multicolinearity  test, heteroscedasticity, and autocorrelation. Analysis technique are simple linear regression and multiple liniear regression. The results showed: (1) There is a effect between the discipline of mathematics learning outcomes (2) There is effect between self-confidence of mathematics learning outcome (3) There is effect between Logical Mathematical Intelegence in mathematics learning result (4) There is effect together between discipline, self-confidence and logical mathematical intelegence to mathematics learning result  and regression equation is .   

Keywords: Discipline, Self-Confidence,  Logical Mathematical Intelegence, Learning of Come Mathematics


Keywords


Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, Kecerdasan Logis Matematis, dan Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam. Pythagoras, 182-188.

Alimaun, I. (2013). Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Se-Daerah Binaan R.A Kartini Kecematan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ekasari, Y. (2014). Profil kecerdasan logika matematika dan linguistik siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah linear satu variabel ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Mathedunesa Volume 3 No 3 , 268-273.

Fauziah, K. R., Nurhayati, & Arsyad, M. (2015). Analisis hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Jilid 11 Nomor 3 , 239-244.

Gunawan, M. A. (2013). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Himmi, N. (2017). Korelasi Self Efficacy terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek mata Kuliah Trigonometri UNRIKA. Pythagoras. Vol 6 No 2, 143-150

Kambuaya, C. (2014). Pengaruh motivasi, minat, kedisiplinan dan adaptasi diri terhadap presatsi belajar siswa peserta program Afirmasi Pendidikan Menengah asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal Volume 5 Nomor 2, 106-208.

Nurzaelani, M. M., Arif, Z. A., & Wibowo, S. (2014). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dan komunikasi interpersonal dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Pasca Sarjana UIKA Bogor Volume 3 Nomor 2, 44-62.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Sardin, & Nurmita, W. O. (2017). Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Batauga. Unimma Voume 9 No 1 Juni, pISSN: 2085-1472, eISSN: 2579-4965, 43-54.

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial Volume 1, 43-56.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suhendri, H. (2012). Pengaruh kecerdasan matematis logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. ISBN 978-979-16353-8-7, 397-404.

Tu'u, T. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Yeung, R. (2014). Confidence. Jakarta: Daras Books.

Yopi, Junaidi, & Parijo. (2014). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAS Taman Mulia. Universitas Tanjung Pura, 1-15.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.