Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 17 Batam TP. 2018/2019

Sumartono Ibrahim Teibang, Asmaul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar matematika (2) Efektivitas model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika (3) Perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 17 Batam kelas IX tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah IXD sebagai kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check sebanyak 32 siswa dan IXA sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,85. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata tes hasil belajar matematika kelas eksperimen adalah 79,63 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 71,56. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check efektif terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi adalah  0,023 (2) Model pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap hasil belajar matematika          dengan nilai signifikansi adalah 0,105(3) Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematikadengan nilai signifikansi adalah 0,039.


Keywords


Cooperative Learning Model Type Pair Check, Conventional Learning Model and Mathematics Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Hendiana, Heris & Soemarmo, Utari. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin (2015). Ragam Model Pembelajaran. Bandung: Kata Pena.

Sukarsa, Dantes & Arini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Microsoft Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri 6 Menanga. Volume 2. Nomor 1.

Suprijono, Getut. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.