PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah peningkatan kemampuan penalaran
matematis siswa sebelum dan sesudah belajar melalui pembelajaran penemuan terbimbing
dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain
kelompok kontrol non ekivalen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Lembang.
Sampel terdiri dari kelas IXA sebagai kelompok kontrol dan kelas IXB sebagai kelompok
eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan lembar observasi. Data
dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran
terbimbing lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, kemampuan penalaran matematis
matematis siswa sebelum dan sesudah belajar melalui pembelajaran penemuan terbimbing
dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain
kelompok kontrol non ekivalen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Lembang.
Sampel terdiri dari kelas IXA sebagai kelompok kontrol dan kelas IXB sebagai kelompok
eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan lembar observasi. Data
dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran
terbimbing lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, kemampuan penalaran matematis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.189
Refbacks
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.