Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Prinsip Inklusi Eksklusi dengan Prosedur Newman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi prinsip inklusi eksklusi. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian mahasiswa semester V (lima) program studi pendidikan matematika Universitas Riau Kepulauan Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan prosedur Newman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 26% berupa tidak mengetahui makna dari soal; (2) kesalahan memahami soal sebesar 38% berupa tidak mengetahui apa yang akan dicari; (3) kesalahan transformasi soal sebesar 47% berupa berupa tidak dapat membentuk prinsip inklusi eksklusi; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 70% berupa kesalahan dalam perhitungan; dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 72% berupa kesalahan menuliskan jawaban akhir dari soal. Hasil penelitian menunjukkan. persentase kesalahan paling besar yang dilakukan mahasiswa yaitu kesalahan penulisan jawaban akhir dengan rata-rata 72%. Hasil tersebut dapat dijadikan bahan diskusi dan penelitian selanjutnya, khususnya pada bagian analisis penyebab kesalahan pada kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir karena pada tahap ini persentase kesalahannya cukup besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar.
PT. Rineka Cipta.
Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Aksioma., 8(1), 17–30.
Boroujeni, S. A., & Fard, F. M. (2013). A Needs Analysis of English for Specific Purposes (ESP) Course For Adoption Of Communicative Language Teaching International.
Hudojo, H. (2015). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematikae. Universitas Negeri Malang Press.
Indriyani, F. et al. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkah Ideal Problem Solving. Jurnal Pythagoras, 7(2), 56–67.
Kurniadi, G & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan Siswa pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 55–66.
Kurniawati, A.T dan Arianti, D. (2010). Buku Ajar Matematika Diskrit. ITATS.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kulitatif. Jakarta:Rosdakarya.
Mujib, A. (2015). Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course. ProceedingsInternational Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education.
Mulyadi, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4), 370–382.
Nurussafa’at, F. A., dkk. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174–187.
Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edusains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika., 5(2), 22–32.
Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Prosedure. Journal of International Cooperative Education, 9(1), 111–122.
Rindyana, B.S.B., Chandra, T. D. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persaaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Matematika Universitas Negeri Malang.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.