EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK

Siti Hawa, Istiqomah Istiqomah, Rusgianto Heri Santosa, Dafid Slamet Setiana

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: (1)  Untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta dan sampel penelitian kelas X TSM1 sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM2 sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.Tes yang dimaksud adalah tes kemampuan awal siswa dan tes hasil belajar matematika siswa. Uji coba instrumen meliputi uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan nilai hasil belajar matematika siswa  kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) adalah tinggi; Kecenderungan nilai hasil belajar matematika siswa  kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung adalah sedang; Pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievment Division (STAD) lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa.

Keywords


efektivitas, Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar, pendidikan, matematika

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriana dan Benedictus Kusmanto. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP PIRI Sleman. Jurnal Pendidikan Matematik, Vol. 5, Nomor 3, Hlm. 273-282.

Gagne, N.L. (2009). A conception of the process of teaching. Conception of Teaching, 4, 61-83. Diakses pada tanggal 15 Januari 2019, dari http://ebooks.ohiolink.edu.proxy.lib.ohio-state.edu/.

Isra dan A.A Sujadi. 2016. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 5 Cilacap. Jurnal Pendidikan Matematik,Vol. 4, Nomor 3, Hlm. 383-382.

Nasution, S. 1989. Kurikulum dan Pengajaran.Jakarta : Bina Aksara.

Pradana, S dan Istiqomah. 2015. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Student Teams Achievement Division Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Kokap. Jurnal Pendidikan Matematik, Vol. 3, Nomor 3,hlm.275-280.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin. (2008). Cooperative learning : Theory, research and practice. Bandung: Nusa Media.

Sofan, A. & Iif, K. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sutejo. 2009. Cara Mudah Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Pustaka Felicha.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.