Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point terhadap hasil belajar matematika; (2) Efektivitas model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika; (3) Perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Al Azhar. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah VIIC sebagai kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point sebanyak 30 siswa dan VIID sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 4 soal. Dalam penelitian, instrumen sudah dianalisis validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu sampel untuk hipotesis 1 dan 2 serta untuk hipotesis 3 menggunakan independent sample t-test. Koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,846. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata tes hasil belajar matematika kelas eksperimen adalah 80,20 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 71,87. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point efektif terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi adalah 0,011; (2) Model pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi adalah 0,231; (3) Terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check menggunakan Power Point dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi adalah 0,017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Fitri et al. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. UNP, 3(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1214/906
Getut, Pramesti. (2007). Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS. Surakarta: Alex.
Hakim, Rudi. (2011). Kitab Suci Microsoft Office. Yogyakarta: MediaKom.
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Unsyiah, 1(2), 30–42. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.idarticle/download/2075
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2015). Ragam Model Pembelajaran. Bandung: Kata PEna.
Ngalimun. (2016). Startegi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Priansa, D. J. (2015). Manajemen Siswa dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sukarsa, Dantes & Arini. (2014). Penerapan Model Kuantum Berbantuan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri 6 Menanga. UNDIKSHA, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2555
Sundayana, Rostina. (2015). Sundayana, RostinaStatistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Suwatra, Febri & Garminah. (2016). Penerapan Model Pair Check UntukMeningkatkan Hasil belajar IPA Siswa Kelas IV. Hasil Riset, 4(1).
Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.