RESPON SISWA TERHADAP ALAT PERAGA LAGA SUMATRI (ULAR TANGGA SUDUT ISTIMEWA-TRIGONOMETRI)

Hera Deswita

Abstract


Alat peraga manipulatif merupakan objek fisik yang dapat digunakan sebagai alat pengajaran untuk melibatkan sisiwa dalam pembelajaran matematika secara langsung. Alat tersebut dapat digunakan untuk memperkenalkan konsep, melatih maupun mengulangi suatu konsep. Kegunaan dari alat peraga manipulatif dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar matematika. Alat peraga LAGA SUMATRI dirancang untuk memudahkan siswa kelas X SMA memahami konsep trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunakan alat peraga LAGA SUMATRI ( Ular Tangga Sudut Istimewa Trigonometri). Subjek pada penelitian adalah siswa kelas X MAN 1 Rokan Hulu yang terdiri dari 25 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktek penggunaan alat peraga dan menyajikan repon siswa tersebut.  Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika pada materi trigonometri dengan menggunakan LAGA SUMATRI. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap praktikalitas LAGA SUMATRI adalah 84% dengan kriteria praktis

Keywords


Pembelajaran Matematika; Alat peraga

Full Text:

PDF

References


Annisah, Siti. 2014 Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. Vomune II Nomor 1.hal 1-15

Arsyad. 2007 Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Furner. Joseph M. and Worrell, Nancy L. 2017. The importance of using Manipulative in Teaching Math Today. Transformations: Vol 3: Iss 1 Article 2

Khairiyah, Ummu. 2019. Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman - Vol 5, No. 2

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia

Priambodo. A,S. 2014. Keefektifan Model Learning Cycle berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education. Volme 3 nomor 2

Purwanto, N. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Departeman Pendidikan Nasional.

Setyawati, Nining dkk 2016. Penggunaan Alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi peluang. Kreano:Jurnla Matematika Kreatif-Inovatif. Volume 7 nomor 1. Hal 24-30

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, (Bandung: JICA Jurusan Pendidikan Matematika UPI.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.