PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP TUNAS BARU JIN-SEUNG BATAM TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam. Sampel penelitian adalah kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes. Hasil validitas isi instrumen dari para ahli diperoleh 20 butir soal valid dan hasil perhitungan koefisien reliabilitas diperoleh 0,86. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media mind mapping lebih unggul dibandingkan tanpa penggunaan media mind mapping dalam hal prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam.
Kata kunci : media pembelajaran, mind mapping, prestasi belajar matematika
This study aims to investigate the effect of using mind mapping media on mathematics learning achievement of 7th grader in SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam academic year 2014/2015. This d is quasi experiment which the population is all 7th grader at SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam. The samples were VII.B as experiment group and VII.D as control group. The instrument used to collect the data is test. The results of content validity from the experts obtained 20 valid items and the calculation results of reliability coefficient obtained 0.86. Data were analyzed using two groups t-test. The results showed that mathematics learning with using mind mapping media is better than mathematics learning without using mind mapping media in terms of mathematics learning achievement of 7th grader in SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam.
Keywords: mind mapping media, mathematics learning achievement
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Rohmadi. 2014. “Keefektifan Metode Accelerated Learning ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Batam pada Materi Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi, Universitas Riau Kepulauan Batam, Batam.
Budiningsih, C.A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dhida, Dwi Kurniawati. 2010. “Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Dimyati, 2002.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dwi, Wahyuni. 2014. “Hubungan Perhatian Orang Tua dan Jenis Kelamin Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Batam Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, Universitas Riau Kepulauan Batam, Batam.
Irvan, Hadi. 2010. “Pengaruh Pengunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem Listrik Otomotif Kelas XI pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Piri 1 Yogjakarta, Yogjakarta.
Nana, Sudjana.2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda
Rudi & Cepi, 2009.Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Sri, Indriati Hasanah. 2013. “Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segiempat dikelas VII SMP Negeri 5 Pamekasan”. Skripsi, Universitas Madura, Madura.
Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Tony, Buzan. 2010. Buku Pintar Mind Mapping untuk Anak. Jakarta: Gramedia
Windura, Susanto. 2013. Mind Map Teknik Berpikir & Belajar sesuai cara Kerja Alami Otak. Jakarta: Gramedia
Yuliana. 2012. “Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing berbantuan LKS dengan Pembelajaran Konvensional pada SMPN 31 Batam Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi, Universitas Kepulauan Riau Batam, Batam.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.237
Refbacks
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.