EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektifitas model pembelajaran CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 16 Batam dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran CTL efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 16 Batam.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-posttes-control group design.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 16 Batam tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang diambil dengan teknik random sampling, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII.4 dengan menggunakan model pembelajaran CTL dan kelas kontrol adalah kelas VIII.3 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas pembanding. Intrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah berupa soal tes pemecahan masalah berbentuk uraian dengan materi kubus dan balok. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil pemecahan masalah kelas eksperimen untuk pre-test 42,44 dan post-test 77,66 sedangkan kelas kontrol untuk pre-test 36,30 dan post-test 44,70. Sedangkan hasil statistik diperoleh pada hipotesis pertama diperolehbahwa model pembelajaran CTL efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan signifikansi thitung = 2,99 dan ttabel = 2,015 yang berarti 2,99 > 2,015 maka Ha diterima. Pada hipotesis dua model pembelajaran konvensional tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan signifikasi thitung = -7,66 (-7,66 < 2,015), maka Ha ditolak. Sedangkan pada hipotesis tiga dan empat diperoleh terdapat perbedaan model pembelajaran CTL dengan konvensioanl dan model pembelajaran CTL lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional dengan taraf signifikan thitung = 9,89 (9,89 > 1,988), maka Ha diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL dan Kemampuan Pemecahan Masalah
This study discusses the effectiveness of the learning model CTL against mathematical problem solving ability of eighth grade students of SMP N 16 Batam. This research is an experimental research by using a pretest-posttest-control group design. The population in this study entire eighth grade students of SMP N 16 Batam 2014/2015 consisting of 8 classes. Samples taken by cluster random sampling technique, which was elected class is a class VIII.4 as experiment using CTL learning model and the control class is the class VIII.3 using conventional learning model as a comparison class. Instruments used by the author in this study is in the form of test solving the cube-shaped description of the material and beam. Based on the analysis of the data showed that the average results of the experimental class problem solving pre-test to post-test 42.44 and 77.66, while the control class pre-test to post-test 36.30 and 44.70. While the statistical results obtained on the first hypothesis shows that the CTL effective learning model for students' problem solving skills with the significance of t = 2.99 and t table = 2.015 which means 2.99 > 2.015, the Ha accepted. In the hypothesis of two conventional learning models are not effective against the problem solving ability of significance t = -7.66 (-7.66 < 2.015), then Ha is rejected. While the hypothesis three and four there is a difference obtained by conventional learning model CTL and CTL learning model is better than the conventional learning model with the significant level of t = 9.89 (9.89 > 1.988), then Ha accepted.
Keywords: CTL and mathematics problem solving ability
Full Text:
PDFReferences
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning.Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.
NCTM.(2000). Defining Problem Solving. (Online).(http://,A,u,Nv.IeLirtiei-.or(,/chaiiellCOLti-es/teacliin(-,iiiatli/,,raciesk-'-"Isessio11-03/sectio03a.html, diakses10 Februari 2015.
Nurhadi. (2003).Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarata: Bumi Aksara.
Riduwan.(2011). Dasar – Dasar Statistika.Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.242
Refbacks
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.