Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Pembelajaran Daring Semasa Pandemi Covid-19
Abstract
Abstrak. Penyebaran virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia memiliki dampak pada berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Untuk memutus rantai penyebaran virus dan menjaga keamanan serta keselamatan peserta didik dan tenaga didik, maka Universitas Singaperbangsa Karawang telah menetapkan kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa pendidikan matematika terhadap pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang berupa deskriptif persentase yang menunjukkan tingkat persepsi. Penelitian ini melibatkan 47 mahasiswa Pendidikan Matematika tingkat 3. Instrumen pada penelitian ini adalah angket dan wawancara. Hasil angket dan wawancara menunjukkan sebesar 89,4% mahasiswa lebih menyukai aplikasi Google Classroom dikarenakan memudahkan dan efektif bagi mahasiswa melaksanakan perkuliahan dan tugas secara daring. Terdapat kekurangan dan kesulitan pada pembelajaran daring seperti miskomunikasi dengan teman, kurangnya semangat belajar mahasiswa, kurang memahami materi, dan terkendala jaringan internet. Evaluasi terhadap pembelajaran daring yaitu mahasiswa menyarankan agar dosen tidak hanya memberikan materi saja melainkan harus menjelaskan materi tersebut terlebih dahulu.
Kata Kunci: persepsi mahasiswa, pembelajaran daring, pendidikan, matematika, covid-19
Abstract. The spread of the Covid-19 virus that occurred in Indonesia has an impact on various fields, including education. To break the chain of spreading the virus and maintain the safety and security of students and students, the Singaperbangsa Karawang University has established a policy to implement online learning. Thisastudy aims toadetermine the perceptionsaof mathematics education students on the implementation of online learningaduringathe Covid-19 pandemic. The data analysis used is descriptive statistical analysis in the form of descriptive percentages indicating the level of perception. This study involved 47 students of Mathematics Education level 3. The instruments in this study were questionnaires and interviews. The results of questionnaires and interviews showed that 89.4% of students preferred the Google Classroom application because it made it easier and effective for students to carry out lectures and assignments online. There are shortcomings and difficulties in online learning such as miscommunication with friends, lack of enthusiasm for student learning, lack of understanding of the material, and constraints on the internet network. Evaluation of online learning, namely students suggest that lecturers not only provide material but must explain the material first.
Keywords: student perceptions, online learning, education, mathematics, covid-19
Full Text:
PDFReferences
Agusmanto Hutauruk, R. S. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 45–51.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402.
Ali Sadikin, A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL LAMPUHYANG LEMBAGA PENJAMINAN MUTU STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA, 11(2), 13–25.
D.K., K. R. (2013). Hambatan Komunikasi dalam Perkuliahan. Jurnal Makna, 3(2), 67.
Dai, N. F. (2020). Stigma Masyarakat terhadap Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19, 66–73.
Dewi, W. A. F. (2002). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Dina, L. N. A. B. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52.
Luh Devi Herliandry, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, H. K. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, A. D. A. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.
Mokhamad Iklil Mustofa, Muhammad Chodzirin, L. S. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.
Muhammad Firman Annur, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(2), 124–132.
Putri Yulia, Y. N. (2017). Hubungan Disiplin Belajar dan Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS, 6(2), 100–105.
Ray Faradillahisari Nursofwa, Moch Halim Sukur, Bayu Kurniadi Kurniadi, H. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Inicio Legis, 1(1).
Ria Yunitasari, U. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.
Saifuddin, M. F. (2017). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102–109.
Shilaturrahmi, Y. Y. (2018). Hubungan antara Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap IP Mahasiswa Pekerja Prodi Pendidikan Matematika Unrika Batam Tahun 2016/2017. PYTHAGORAS, 7(1), 55–60.
Tantri, N. R. (2018). Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 19–30.
Yuliza Putri Utami, D. A. D. C. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2895
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.