Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis

Rizka Nurmala, Tiara Fikriani, Citra Ayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk peserta didik kelas XI SMA. Pengembangan LKPD ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. LKPD yang diberikan kepada peserta didik harus memenuhi kriteria validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi. Dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Tahap define dilakukan analisis kebutuhan, peserta didik, kurikulum dan materi. Tahap design dilakukan perancangan dan penyusunan materi pada LKPD berdasarkan analisis kebutuhan. Kemudian tahap develop dilakukan evaluasi sendiri yang selanjutnya divalidasi oleh para ahli, serta evaluasi perorangan terhadap 3 orang peserta didik dan evaluasi kelompok kecil oleh 6 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangkan telah valid dengan nilai rata-rata validasi yaitu 81,5%. Nilai praktikalitas LKPD yang diperoleh dari angket respon peserta didik yaitu 86,6%. Berdasarkan nilai validitas dan nilai praktikalitas tersebut maka pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, kemampuan berpikir kreatif matematis

Full Text:

PDF

References


Ade Yani utri, Muhammad Win Afgani, R. P. (2020). Pengembangan Permainan ular Tangga Berbasis Komputer PAda Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Phytagoras, 2(9).

Amalia, D. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Problem Based Learning Bertema. PRISMA , Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 185–189.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41.

Neng Hanipah, Anik Yuliani, R. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. Aksioma, 7(1).

Ningsih, F. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP UIR, 1, 29–30.

Pansa, H. E. (2017). Pengembangan LKPD Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 229–238.

Permatasari, A. (2019). Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Daur Ulang Limbah Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 129–134.

Pratowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (3rd ed.). DIVA Press.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Alfabeta.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matenatika Krearif-INovatif, 3(1).

Silaban, T., Lubis, R., & Ahmad, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 1 Pinangsori Oleh : Beta, 2(3), 103–108.

Sri Handayani, Sefna Rismen, A. M. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Penyajian Data Statistik Untuk Kelas X SMA N 3 Padang. STKIP PGRI SUMBAR.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. GENTA MULIA, IX(2), 56–70.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual : Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (7th ed.). KENCANA.

Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Matematika Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 33–46.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.