Penerapan strategi konflik kognitif dengan teknik think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Handayani Eka Putri, Yosi Adiputra

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi geometri di Sekolah Menengah Atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan strategi konflik kognitif dengan teknik think-pair-share dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Design dan teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Binaul Ummah Kuningan tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelompok yaitu kelompok Eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi konflik kognitif dengan teknik think-pair-share lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Konflik Kognitif, think-pair-share, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Adiputra, Y. 2015. Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis dan Efektivitas Strategi Abduktif - Deduktif untuk Mengatasi Kesulitannya. Tesis. Bandung: SPs UPI . Tidak diterbitkan.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismaimuza. 2010. Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Pascasarjana UPI.

Kemendikbud. 2013. Handout Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Lee, G. dkk.(2003). Development of an instrument for measuring cognitive conflict in Secondary-Level Science Classes.Journal of Research in Science Teaching, 40 (6), hlm.585–603.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruangruang

Kelas. Jakarta: Grasindo.

Nugraha, A., & Zanthy, L. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal on Education, 1(2), 179-187. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.45

Permendiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Rahmad, N.B. 2012. Analisis Kesulitan Siswa SMK pada Materi Pokok Geometri Dan Alternatif Pemecahannya. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika : Surakarta

Sayce, L. 2009. The route to cognitive conflict.National Centre for Excellence in The

Teaching of Mathematics.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Turmudi. 2009. Pemecahan masalah matematika. Disajikan pada Pengembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Arraniri Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.