Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dengan metode eliminasi Gauss-Jordan

Lisa Dwi Afri, Novia Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear (SPL) dengan metode Gauss-Jordan dan faktor penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IPA2 MAN BatuBara . Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear metode Gauss-Jordan yaitu (a) kesalahan fakta, (b) membuat model matematika, (c) kesalahan operasi, (d) kesalahan penulisan angka dan (e) kesalahan tidak menjawab soal. Kemudian faktor yang menyebabkan kesalahan siswa yaitu (a) faktor kesalahan fakta (b) faktor kesalahan konsep, (c) faktor kesalahan operasi, (d) faktor kesalahan kecerobohan, dan (e) faktor kesalahan penarikan kesimpulan.

Keywords


Sistem Persamaan Linear, Gauss Jordan, Pendidikan, Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.