Hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah (Mts)

Muhammad Nauval Muwaffiq, Habib Muhammad Fatah, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan instrumen tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 4 soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian survey dan teknik korelasional. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji normalitas berupa one-sample Shapiro-Wilk dan analisis non-parametrik menggunakan spearman’s rho untuk melakukan analisis korelasi dan mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel motivasi belajar siswa dan variabel kemampuan berfikir kritis siswa dengan banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar sedang yaitu 85% dan tinggi yaitu 15%, namun tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar yang tinggi tidak serta merta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.. Banyak faktor lain yang lebih berpengaruh, seperti pemahaman konsep pada diri siswa, model pembelajaran dan pendekatan guru, memperbanyak latihan soal serta metode pembelajaran yang digunakan.

Keywords


motivasi belajar; hubungan; kemampuan berfikir kritis

Full Text:

PDF

References


A’la, R., & Subhi, M. R. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah, 1(10), 124–142. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/96

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Ambarwati, S., Suhartono, S., & ... (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 3(4), 1974–1984. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1047

Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal sGantang, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.244

Efendi, I. (2018). PENGARUH METODE CERAMAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI MAN 5 JALAN MAGELANG KM. 17 MARGOREJO, TEMPEL, SLEMAN YOGYAKARTA [UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA 2018]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5547

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597–602.

Ismawati, Y., Ramadhani, D. I., Jamaliyah, R., Rachmat, R. E. H., Ibrahim, & Hanifa, F. (2021). Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 35–46. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/3962

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30.

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32.

Lestari, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma Universitas Suryakancana, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nurfaedah Jazirah. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII (Vol. 4, Issue 1).

Putri, S. A., & Novianti, D. (2020). PENERAPAN ANALISIS KORELASI UNTUK MENENTUKAN HUBUNGAN TARGET KUNJUNGAN CANVASSING DENGAN MINAT REGISTRASI PROGRAM JKN-KIS TERHADAP BADAN USAHA DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI 2019. Gamma-Pi: Jurnal Matematika Dan Terapan, 2(1), 38–42.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212.

Santoso, I. B. (2019). PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGURUS UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 2019/2020.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulistianingsih, P. (2016). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Jakarta : Bumi Aksara, 02(01), 129–139.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Ulya, N. (2021). PENGARUHMOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN SONGGOKERTO 03 KOTA BATU. In e-theses Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wardani, E. K., & Sholikhah, N. (2020). Analisis Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Self Confidence Mahasiswa pada Pokok Bahasan Kinematika. Jurnal Kependidikan Betara, 1(1), 1–7. https://e-journal.sdn195pinangmerah.com/index.php/jkb/article/view/10

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.