Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa Kelas X SMK Al-Azhar Batam
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas X SMK Al-Azhar Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan non-equivalent post-trial control design only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al-Azhar Batam. Objek penelitian ini adalah siswa dari kelas X RPL dengan 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan dari kelas X AKT dengan 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan alat kuesioner dengan 20 item, dan tes berjumlah 3 item yang sudah diperiksa validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis meliputi uji one sampel t-test dan independen sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat adanya pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran multimedia terhadap minat dan hasil belajar siswa pada matematika. Hal ini didasarkan pada perhitungan uji t-test minat matematika, memperoleh nilai Sig . (2tailed) (0,002) (0,05) berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka H0 dihilangkan dan Ha diterima. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t untuk hasil belajar matematika, nilai Sig. (2tailed) (0,000) (0,05) berdasarkan kriteria keputusan, maka H0 di tolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika
Abstract. This study aims to determine the impact of the use of multimedia-based learning media toward the interest and learning result of mathematics in class X SMK Al-Azhar Batam. This type of study is a quasi-experimental study with the nonequivalent posttest only control design. The population in this study were all students of SMK Al-Azhar Batam. The subjects in this study were students of class X RPL totaling 17 students as the experimental class and class X AKT totaling 17 students as the control class. The sampling technique was carried out by purposive sampling technique. Data was obtained with a questionnaire instrument with 20 statement items and a test of 3 descriptions items which has been tested for its validity and realibility (. The data analysis techniques used were normality test, homogeneity test and hypothesis test which included one sample t-test and independent sample t-Test. Based on the results of data analysis shows that there is a significant influence of multimedia-based learning media on students' interest and learning result in mathematics. This is based on the calculation of the t-Test for interest in learning mathematics, the value of Sig. (2-tailed)(0,002)(0,05) based on the decision-making criteria, then H0 is rejected and Ha accepted. Meanwhile, based on the calculation of the t-test for mathematics learning result, the value of Sig. (2-tailed)(0,000) (0,05) based on the decision-making criteria, then H0 is rejected and Ha accepted.
Keywords: Learning Media, Multimedia, Mathematics Learning Interest, Mathematics Learning Result, education, mathematics
Full Text:
PDFReferences
K Al-Azhar Batam
Daftar Pustaka
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Edisi Revisi.
Batubara, H.H & Batubara, D.S (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 5(2):74–84.
Gufron, A, dkk. (2018). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 4(2).
Hakim, A.R & Windayana, H. (2012). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(2).
Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education. 2(1).
Mutakin, T.Z & Sumiati, T. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 1(1):70-81.
Pradana, R.N. (2012). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah I Godean, Yogyakarta [S1 thesis] Yogyakarta: Universitas Negeri.
Proborini, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa Kelas VI SD Karangturi. Intelligentes: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. 2(2).
Siagian, R.E.F. (2013). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(2): 122–131.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.