Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender

Yudhi Hanggara, Serena Haska Aisyah, Fitrah Amelia

Abstract


Abstrak.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari perbedaan gender. Adapun indikator kemampuan pemecahan masalah yang diukur meliputi memahami masalah (I1), merencanakan pemecahannya (I2), menyelesaikan masalah (I3), dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh (I4). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Islam Plus An-Nahdhah Batam yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebanyak 3 soal yang telah valid dan reliabel (rii = 0,44). Serta diperkuat dengan menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil analisis, pada kategori tinggi dan sedang siswa laki-laki memenuhi indikator (I1), (I2), (I3) tetapi masih kurang dalam indikator (I4). Pada kategori rendah siswa laki-laki hanya memenuhi indikator (I1), dan masih kurang dalam indikator (I2), (I3), (I4). Pada kategori tinggi siswa perempuan memenuhi semua indikator pemecahan masalah. Pada kategori sedang siswa perempuan hanya memenuhi indikator (I1) dan (I4), tetapi masih kurang dalam indikator (I2) dan (I3). Pada kategori rendah siswa perempuan hanya memenuhi indikator (I1), tetapi masih kurang dalam indikator (I2), (I3), (I4).

Keywords


Gender, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Full Text:

PDF

References


Agustina, D., Musdi, E., & Fauzan, A. (2014). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. 3. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang)

Ahmad, A. M. (2017). Aspek Merencanakan Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Pendekatan Polya Berdasarkan Gender. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami, 1(1), 319.

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Konstektual Ditinjau dari Gender. 5(April), 19–28.

Hilyani, N. H., Pitriani, & Malalina. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 57 Palembang Materi Aritmatika Sosial. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(2), 125–132.

Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil- A Perairan. Buletin Oseanografi Marina, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924

Mairing. (2018). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta.

Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamatis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.

Novitasari, N., & Wilujeng, H. &. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137-147.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.

Nurcholis, R., Azhar, E., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. 8(1), 41–50.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. 51(1), 51.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukriadi, S., & Kurniawan, K. (2019). Profil Penalaran Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Timss Ditinjau Dari Perbedaan Gender. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 36. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.710

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Yustitia, V. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Mahasiswa Pgsd Unipa Surabaya Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 117. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2133




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.