Analisis pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar siswa

Ristami Fatima Caprinata Kuba, Asmaul Husna, Fitrah Amelia

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika dan minat belajar matematika siswa masih terbilang rendah. Minat belajar berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan  Penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan minat belajar matematika siswa kelas XI SMK Management Training Systems, dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan prosedur menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun indikator pemahaman konsep yang diukur meliputi menyatakan ulang sebuah konsep ( 14I1"> ), mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep 14I2"> , menggunakan prosedur atau operasi tertentu 14I3"> , dan mengaplikasikan konsep untuk pemecahan masalah 14I4"> . Teknik pengumpulan data menggunakan test sebanyak 2 soal yang telah valid dan reliabel ( 14rii">  = 0,52), dan menggunakan instrumen angket dengan 27 butir pernyataan yang telah valid dan reliabel ( 14rii">  = 0,42). Serta diperkuat dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis, siswa dengan minat belajar tinggi memenuhi indikator ( 14I1"> ), 14 (I2"> ), 14(I4"> ) tetapi masih kurang dalam indikator 14(I3"> ). Siswa dengan minat belajar sedang dapat memenuhi indikator 14(I1"> ) dan 14(I2"> ), masih terdapat kesalahan pada indikator 14(I3"> ) dan 14(I4"> ). Siswa dengan minat belajar rendah hanya memenuhi indikator 14(I1"> ), tetapi masih kurang dalam indikator 14(I2"> ), 14(I3"> ), 14(I4"> ).

Keywords


Analisis, Minat Belajar, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Friantini, R.N dan Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol. 4, No. 1, Hal 6-11.

Hendriana, Heris., Euis Eti Rohaeti, dan Utari Sumarmo. 2018. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Isharyadi, R. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol: 6 (1), 1–10.

Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil- A Perairan. Buletin Oseanografi Marina, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924

Kartika, Yuni. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2 (4): 777–85.

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477

Lasmiyati, H. I. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika [Internet] 2014; 9 (2): 161-174.

Lestari, Kurnia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6 (2), 100–105.

Nikmah, N. S. (2016). Penggunaan Peta Konsep Dalam Penilaian Pemahaman Konsep Lingkaran.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 (1): 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i 1.3264.

Oetomo, B. J. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII-D SMP MAARIF 01 LAWANG (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syarifah. (2014), Minat Belajar Siswa Sistematis, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yulita, S. R. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 36-44.

Yolanda, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar Pada Materi Operasi Bilangan Berpangkat Di SMAN 1 Tembilahan Hulu (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.4551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.