Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powerpoint Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan serta kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran matematika berbasis powerpoint pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X di SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Siak Kecil. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu dari tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluate. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penilaian validitas media pembelajaran yang diperoleh berdasarkan lembar validasi yaitu dengan nilai 82,67% maka media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid. Uji coba dilapangan berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh nilai 78,08% maka dapat dikategorikan media pembelajaran praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis powerpoint ini sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.
This study aims to test the validity and practicality of the development of powerpoint-based mathematics learning media on the material of a three-variable system of linear equations in class X. The subjects of this study were students in class X at SMAN 1 Siak Kecil. The type of research is development research using the ADDIE model, namely from the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluate. The methods used in data collection are interviews and questionnaires. The instruments used in this study were validation sheets and student response questionnaires. The results of the assessment of the validity of the learning media were obtained based on the validation sheet, namely with a value of 82.67%, the learning media developed was very valid. Field trials based on student response questionnaires obtained a value of 78,08%, so it can be concluding that the learning media is practical. So it can be concluded that this powerpoint-based learning media is very valid and practical to use as a learning medium.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131
Andriani, M. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 143–157. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p143-157
Arista, A., Fuad, M. K., & Muharrom, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 97–104. Pekalongan: Unikal. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/709
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Borboa, D., Joseph, M., Spake, D., & Yazdanparast, A. (2014). Perception and Use of Learning Management System Tools and Other Technologies in Higher Education: A preliminary analysis. Journal of Learning in Higher Education, 10(2), 17–23. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1143243
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
Instrumen Perangkat Pembelajaran. (Remaja Ros). (n.d.). Bandung.
Puji, K. M., Gulo, F., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Bentuk Molekul Di Sma. J.Pen.Pend.Kim, 1(1), 59–65. https://doi.org/10.36706/jppk.v1i1.2385
Putri, V. W., & Suripah, S. (2021). Eksplorasi Hasil Penelitian yang Terintegrasi Teknologi Informasi dan komputer (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 208–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11762
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 Teori&Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Saputra, H. G., & Zinnurrain, Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Media MS Powerpoint Berbasis Game terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1222
Sulistiyowati, E., Setiowati, S., & Irawan, D. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Melalui Media Powerpoint. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 36–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.670
Suripah, S., Dahlia, A., Effendi, L. A., Ariawan, R., & Ningsih, P. D. S. (2021). Ipteks bagi Masyarakat: Guru SMP/MTs Mahir Menganalisis Data Menggunakan Program SPSS. Community Education Engagement Journal, 3(01), 69–77. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.6752
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Ulfa, H., & Suripah, S. (2021). Articulate storyline 2 interactive learning media in transformation materials for class IX junior high school. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 205–220. https://doi.org/10.33654/math.v7i3.1391
Widyasari, I., Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1678
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.