PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMA KELAS X
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan bangun ruang SMA kelas X yang layak digunakan (valid) dan prestasi belajar peserta didik dengan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Konstektual pada pokok bahasan bangun ruang SMA kelas X lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran konvensional. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Dalam penelitian eksperimen populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA N 1 Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik “Simple Random Sampling” Kelas X.6 sebagai kelas eksperimen, kelas X.3 sebagai kelas Kontrol, kelas X.2 sebagai kelas uji coba A, dan X.1 sebagai kelas uji coba B. Selanjutnya akan dilakukan validasi ahli dan uji coba lapangan terbatas. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi pembelajaran menunjukkan bahwa diperoleh persentase kevalidan ahli media adalah 87,5% dan kevalidan ahli materi pembelajaran adalah 92,5%. Berdasarkan analisis data dari ahli media dan ahli materi pembelajaran dinyatakan dalam kategori media yang layak digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian uji t satu pihak menunjukan bahwa melalui uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,6129 > 1,645, yang berarti prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada prestasi belajar peserta didik kelas kontrol. Juga ditunjukkan dengan rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 51,68 dan rata-rata nilai kelas kontrol 43,33.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Pendekatan Kontekstual
Abstract. The purpose of this study is to develop learning media-based on Lectora Inspire with contextual approach on the subject of geometry high school grade X decent used (valid) and learning achievements of learners with media-based learning Lectora Inspire Approach contextual on the subject of geometry high school grade X more better than learning achievement of students in conventional learning. This development study using 4-D model that consist of four phases, they are Define, Design, Develop, and Disseminate (Deployment). In the experimental study population in this study is class X SMA N 1 Petarukan Pemalang in the academic year 2014/2015. With the technique of "Simple Random Sampling" Class X.6 chosen as the experimental class, class X.3 as the control class, X.2 as the A trial class and X.1 as the B trial class. Further trials will be carried out expert validation and testing limited field trials. Based on the results of validation by media experts and instructional material indicates that the validity of the obtained percentage was 87.5% of media experts and validity of expert learning materials was 92.5%. Based on an analysis of data from media experts and expert learning materials stated in the media category were eligible for use in learning. From the research results of the t test showed that through the t test obtained t> t table ie 2.6129> 1.645, which means the achievement of learners experimental class is better than the achievement of learners control class. Also demonstrated by the average student achievement experimental class is better than the control class, which is the average value of the experimental class 51.68 and the average value of the control class 43.33.
Keywords: learning media, Lectora Inspire, Contextual Approach
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2013. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
________________. 2012. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Buchori, Achmad. 2010. Keefektivan Penggunaan Autograph, Cabri 3D dan Maple sebagai Media Pembelajaran Matematika. (Online). ( http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/aksioma/article/view/74/0, diakses 20 Maret 2015)
Budiyono. 2009. Statistika untuk penelitian. Surakarta : Sebelas Maret University Press.
Elena, Railean. 2013. “An overview of textbooks as open educational resources”. International Journal of Computer Science Research and Application. ISSN 2012-9572, Vol. 03
Febrianto, Arif. 2013. Pemanfaatan Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas X MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Skripsi. S1. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.
Hasnawati. 2006. “Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 3, Nomor 1.
Hasruddin. 2009. “Memaksimalkan kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual”. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol.6, No.1, Hal 48-60
Muchayat. 2011. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 1, Nomor 2
Rahmawati, Annisa, dan Isroah. 2013. “Penggunaan Media Lectora Inspire X.6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK Ma’arif 1”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. XI, No.2, Hal. 91-98
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika”. Jurnal Kreano, Volume 3, Nomor 1
Romadhan, Akbar dan Puput Wanarti Rusimamto. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04, Nomor 02, Hal. 451-456,
Sariningsih, Ratna. 2014. Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Vol. 3, No.2
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.