EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 50 BATAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Yudhi Hanggara, Wajubaidah Wajubaidah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 50 Batam Kelas VII tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menghasilkan hasil belajar lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah, kemudian hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sedang sama baiknya dengan hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci:  Jigsaw, STAD dan Motivasi Belajar

 

 

Abstract. This research aims to find out:  (1) The difference between the student learning outcomes who were given the treatment by cooperative learning model type Jigsaw and cooperative learning model type STAD. (2) The difference between the student learning outcomes who have high, medium and low learning motivation. (3) The interaction between cooperative learning model type Jigsaw and cooperative learning model type STAD againts student learning motivation. This research was quasi-experimental research with a 2x3 factorial design. The population of research was all students in grade 7 of SMPN 50 Batam for 2015/2016 academic year. Sampling is assosiated by cluster random sampling. The result of research showed that : (1) The Cooperative Leraning Model type Jigsaw had learnig outcomes better than the Cooperative Learning Model type STAD (2) The students with high learning motivation had learning outcome better than those with medium and low learning motivation. While, the students with medium learning motivation had learning outcome as good as those with low learning motivation. (3) There is no interaction between cooperative learning model type Jigsaw and cooperative learning model type STAD againts student’s learning motivation.

Keywords: Jigsaw, STAD and Learning Motivation.

Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS PRESS.

Daryanto & Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dini Herguhtya Pratiwi. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Elisa. (2015). Efektivitas Penggunaan Model kooperatif tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK. Jurnal FKIP UNTAN Pontianak.

Mardatillah. (2008). Pengembangan Diri. Balik Papan: Akademi Akutansi Balik Papan Martinis Yamin. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. (2011). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwarna. (2009). Pengajaran Microteaching. Jakarta: Sinar Baru

Wahyudin. (2008). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata pelajaran Matematika. Bandung: IKIP Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.