PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN 5 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika terutama pada materi persamaan linear. Penyebab rendahnya disebabkan kurang minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas dan pembelajarannya masih monoton, dimana pembelajaran masih berpusat guru (teacher centered). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 5 Batam. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode discovery dan kelas XBsebagai kelas control dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes essay. Teknik analisis menggunakan uji one sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong baik dengan rata-rata 77,04. Dengan µ = 75 maka di peroleh t = 12,686, sehingga dapat disimpulkan bahwah metode discovery learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan metode discovery learning lebih baik dibandingkan metode konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 5 Batam.
Kata kunci: Metode discovery learning, kemampuan pemecahan masalah matematis
Abstract. This study was motivated by the lack of mathematical problem solving ability of students, especially on the material linear equations. The causes of low due to lack of student interest in mathematics and students are less active in the classroom and the learning method are still monotonous (teacher centered). The purpose of this study was to determine the effect of discovery learning method on students' mathematical problem solving ability. The study was a quasi-experiment. The population in this study were all students of class X SMA N 5 Batam. The sample in this research were class XA as an experimental class using the discovery learning method and class XB as a control using conventional learning method. Instruments in this study was an essay test. The instruments analysis used validity, reliability, level of difficulty of questions, and different power problems. Data were analyzed using one sample t-test.. Based on the research results, the level of mathematical problem solving ability of students classified as good with an average of 77.04. With μ = 75 then obtained t = 12.686, so it can be concluded that the discovery learning method was effective against the ability of students' mathematical problem solving and discovery learning method was better than the conventional method of the mathematical problem solving ability of students grade X SMAN 5 Batam.
Key words: discovery learning method and problem solving abilityFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery (Penemuan). http.//herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan/,diakses tanggal 4 April 201
Huda, miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.
Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: PT Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan Jakarta: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.