EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Putri Yulia, Siti Jamaliah

Abstract


Abstrak. Berdasarkan survey awal penelitian, ditemukan bahwa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 28 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015 masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sejauhmana keefektifan pendekatan pembelajaran Pendidikan  Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Design yang digunakan pada penelitian ini adalah posttest only control design. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 28 Batam.Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu dari tata usaha SMP Negeri 28 Batam.Instrumen yang digunakan yaitu dengan tes yang terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda.Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas dengan teknik Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas dengan teknik uji t, dan uji hipotesis dengan teknik t-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji-t atas bantuan SPSS versi 20. Dari hasil analisis data pada penelitian ini maka diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 83,07, simpangan baku adalah 7,258,  rata-rata pada kelas kontrol adalah 82.20, simpangan baku adalah 6,042, dimana nilai  adalah 6,087 dan  adalah 2,045 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan ketentuan dk = n-1 = 30 – 1 = 29, ternyata nilai >  nilai  atau 6,087 > 2,045. Maka hipotesis  ditolak sekaligus diterima , artinya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dari pendekatan pembelajaran Kurikulum 2013 ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Hasil Belajar Matematika

 

 

Abstract. Based on the initial survey research, it was found that in mathematics class VIII SMP Negeri 28 Batam academic year 2014/2015 is still relatively low. The purpose of this study was to reveal the exten of the effectiveness learning approach Indonesian Realistics Education (PMRI) and to the learning outcomes Junior High School eight grade students in the School year 2014/2015 28 Batam. This study was conducted using quantitative methods kinds of experiment. Design used in this research is the posttest only control design. This study took place in SMP Negeri 28 Batam. Source of the data obtained in this study is from the administration SMP Negeri 28 Batam. The Instrument used is to test consisting of 30 multiple choice items. Data analysis technique consist of testing the technique Kolmogorov-Smirnov normality, homogeneity test with t test techniques, and hypothesis testing with technical t-test. The data analysis technique used is the t-test on SPSS version 20. From the analysis of the data in this study the average values obtained in the experimental class is 83,07, the standard deviation is 7,258, the average in the control class is 82,20, the standard deviation is 6,042, where the value is 6,087 and t-table t-hitung is 2,045 with significance level α = 0,05 with the provisions df = N-1=29, it turns the value t-hitung > t-tabel value or 6,087 > 2,045. Than the hypothesis is rejected at once accepted H0 Ha, approach means Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) is more effective than learning approaches Curriculum 2013 in terms of learning outcomes Junior High School eight grade Students in the School year 2014/2015 28 Batam.

Keywords: Indonesian Realistic Mathematics Education, mathematics learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Ariyadi, W. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asep, J. (2012). Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta: Multi Pressindo.

Eko, P. W. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Mulyani, S. & Nana, S. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nana, S. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Rostina, S. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, B, D. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina, S. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zainal, A. (2012). Micro Teaching disertai dengan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.