Ethnomathematics on bamboo woven crafts in Dusun Brajan, Yogyakarta and implementation in mathematics learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(February 1985), 44-48 (in 'Classics').
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Marsigit. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Mauluah, L., & Putra, E. C. S. (2021). Studi kasus permasalahan mahasiswa PGSD dalam menyusun RPP berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta. Ethnomathematics Journal, 2(2), 51–56. https://doi.org/10.21831/ej.v2i2.39995
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714
Putri, L. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.
Riski, Y., Tito, V., & Krister, P. (2020). Kajian etnomatematika anyaman bambu Yogyakarta di desa wisata kerajinan bambu Brajan dan implementasinya pada pembelajaran Topik Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 143–152. https://conference.unikal.ac.id/index.php/sandika/sandika1/paper/view/334
Rizky, R., & Wibisono, R. (2015). Mengenal Seni dan Budaya 34 Provinsi di Indonesia. Cerdas Interaktif.
Rudhito, M. (2020). Filsafat Pendidikan Matematika Abad 21. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Saputra, E., Mirsa, R., Yanti, P. D., Wulandari, W., & Husna, A. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada arsitektur rumoh Aceh. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 703. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4751
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210
Ubayanti, C. S., Lumbantobing, H., & Manurung, M. M. H. (2016). Eksplorasi etnomatematika pada Sero (Set-Net) : budaya masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 12–21.
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.
Wulandari, Diana Ayu, Y. S. K. (2022). EKSPLORASI KONSEPTUAL MATEMATIS PADA BATIK TRUSMI KHAS CIREBON DITINJAU DARI ASPEK ETNOMATEMATIKA. 11(4), 1–23.
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2, 35–40.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.5009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.