Aspek etnomatematika pada anyaman bambu Desa Bunga Tanjung Kabupaten Kerinci

Suci Mayang Sari, Putri Yulia, Nur Rusliah

Abstract


Abstrak. Desa Bunga Tanjung Kabupaten Kerinci memiliki kearifan lokal berupa anyaman bambu, dibalik proses dan hasil karya kerajinan anyaman yang tercipta terdapat unsur matematika yang disebut etnomatematika yang sebagian besar masyarakat disana tidak mengetahui akan hal itu.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat khususnya pengrajin anyaman bambu desa Bunga Tanjung Kerinci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah aspek-aspek matematika yang terdapat pada anyaman bambu Desa Bunga Tanjung Kabupaten Kerinci adalah a) mengukur, aspek etnomatematika mengukur terdapat pada saat pengrajin menentukan ukuran bambu, ketebalan bambu, jarak dan sudut saat membuat pola atau motif anyaman. b) menghitung, aspek etnomatematika menghitung terdapat pada saat pengeringan bambu yang membutuhkan perhitungan waktu atau durasi, juga pada saat membuat pola yang membutuhkan perhitungan dengan langkah yang sistematis. c) mendesain, aspek etnomatematika mendesain terdapat pada saat pengrajin membuat pola atau motif anyaman,  seperti pada saat pengrajin mendesain motif atau pola angkat satu, angkat tiga, motif padat dan motif matahari dan membuat pola bentuk karya anyaman yang diinginkan.d) menjelaskan, aspek etnomatematika menjelaskan terdapat pada makna atau arti dari anyaman ataupun motif anyaman.

Kata kunci: Eksplorasi, Etnomatematika, Anyaman Bambu

 Abstract. Bunga Tanjung Village, Kerinci Regency has local wisdom in the form of woven bamboo, behind the process and the results of the woven crafts that are created there is a mathematical element called ethnomathematics which most of the people there do not know about. The type of research used in this study is qualitative research through an ethnographic approach. The subjects in this study were the community, especially woven bamboo craftsmen in Bunga Tanjung Kerinci village. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. The results of this study are that the mathematical aspects contained in woven bamboo in Bunga Tanjung Village, Kerinci Regency are a) measuring, the ethnomathematics aspect of measuring occurs when the craftsman determines the size of the bamboo, the thickness of the bamboo, the distance and the angle when making the pattern or motif of the woven. b) counting, the ethnomathematics aspect of counting occurs when drying bamboo which requires calculation of time or duration, also when making patterns which require calculations in systematic steps. c) designing, the ethnomathematics aspect of designing occurs when craftsmen make woven patterns or motifs, such as when craftsmen design one, three, solid motifs and sun motifs and make patterns of the desired form of woven work. d) explains aspects Ethnomatematics explains that it is found in the meaning or meaning of the woven or woven motifs

Keywords: Exploration, Ethnomathematics, Bamboo Weaving


Full Text:

PDF

References


Aini, I. N. (2018). Etnomatematika: Matematika dalam Kehidupan Petani di Kabupaten Karawang. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(2), 101-106.

Hidayat, E., Resfaty, A. G., dan Muzdalipah, I. (2019). Studi Etnomatematika : Mengung kap Gagasan dan Pola Geometris Pada Kerajinan Anyaman Mendong di Manonjaya abupaten tasikmalaya. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 19–26.

Kofi, M. D., & Nahak, S. (2020). Mengoptimalkan Skemata Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika: Anyaman dan Tenunan Masyarakat TTU.Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 8-17.

M. Nuh, Z., dan Dardiri. (2016). Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah, 19(2), 220–238.

Maryati, dan Prahmana,. (2020). Designing Learning Translation Using the Motifs of Anyaman Bambu. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(2), 61

Misliani, N. (2019). Etnomatematika Kerajinan Tangan Anyaman Masyarakat Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan Berdasarkan Konsep Geometri (Skripsi, Institutional Digital Repository :Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin).

Nisa, A. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi Geometri Dalam Topeng Malangan. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 3(1), 2580–460.

Nurrohman, M. A. (2018). Eksistensi Industri Anyaman Bambu di Era Modernisasi: Studi Pada Sentra Industri Anyaman Bambu di Desa Madulegi Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Rahayu Puspadewi, K., dan Nila Putra, N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80–89.

Rahmi, R., Yulia, P., & Putri, R. (2022). Edmodo-Based Mathematical Learning Analysis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 10 (2), 195-210.

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Pythagoras, 9(2), 165-172.

Sardjono, A. (2019). HKI dan UU Pemajuan Kebudayaan. Journal of Intellectual Proferty, 2(2), 14–22.

Subekhi, A. I., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2021). Etnomatematika: Tinjauan Aspek Geometris Batik Lebak Provinsi Banten. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 81-93.

Susanti, E., Nisa, R. A., Azhari, M. N., & Marhayati, M. (2020). Ethnomathematics Exploration: Number Patterns In Bamboo Woven Crafts In Tulungagung. Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 87-101.

Ulpa, F., & Fatmariza, F. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program UP2K Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Bunga Tanjung Kabupaten Kerinci. Journal of Civic Education, 3(3), 200-210.

Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 9(01), 1-14.

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Jami'Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11-20.

Yuliana, L., & Raharjo, S. B. (2019). Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 197-212..

Yulia, P., Febriza, E., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP: Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207-221.

Yulia, P., & Santoso, G. (2022). Praktikalitas dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 202-212.

Yulia, P. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 16 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.5029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.