Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO

Putri Rahayu S, Desi Setiyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan kesulitan yang dihadapi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO pada sekolah yang telah dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu kategori rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian saat ini adalah penelitian survei yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di wilayah Kabupaten Tangerang dengan sampel sebanyak 12 sekolah yang terdiri dari 2 sekolah dengan kategori tinggi, 5 sekolah dengan kategori sedang, dan lima sekolah dengan kategori rendah. Metode penelitian dilakukan dengan menganalisis tes tertulis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Tangerang berada pada kriteria sedang. Berdasarkan jenis kesulitannya menerapkan operasi aritmatika berada pada kriteria sedang kesulitan memahami arti variabel berada pada kriteria sedang, kesulitan memahami ekspresi aljabar berada pada kriteria sedang kesulitan dalam memahami perbedaan makna tanda sama dengan berada pada kriteria rendah dan kesulitan matematisasi berada pada kriteria sedang. Sedangkan berdasarkan level taksonomi SOLO kesulitan tertinggi berada pada level extended abstract berada pada kriteria sedang. Selain itu banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal aljabar dengan jenis kesulitan memahami ekspresi aljabar merupakan kesulitan tertinggi.

Keywords


Aljabar; Kesulitan; Taksonomi SOLO

Full Text:

PDF

References


Aini, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Analisis pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah aljabar pada PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p

Amsikan, S., Nahak, S., & Mone, F. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Sebagai Alternative Solusi Mengatasi Learning Loss Siswa SMPN Nunufafi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i4.3043

Appulembang, O. D. (2015). Profil pemecahan masalah aljabar berpandu pada taksonomi SOLO ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo siswa SMA Negeri 1 makale tana toraja (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University (4th ed). New York: Mc Graw Hill.

Fatimah, S. (2017). Analisis Respon Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Ipaberdasarkan Structure Of Observed Learning Outcome Taxonomy Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8597

Firmasari, S., & Aminah, N. (2016). Analisis Pemahaman dan Penalaran Matematis pada Perkuliahan Teori Bilangan menggunakan Teknik Superitem. Repository FKIP Unswagati.

Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi pecahan kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435-444. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1450

Halpiani, M. (2017). Pengaruh pendekatan schema-based instruction (sbi) dengan strategi fops terhadap kemampuan berpikir aljabar (Bachelor's thesis).

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1). https://jurnal.usk.ac.id/peluang/article/view/5853

Hasibuan, N. S. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy, 9(3), 486-494. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5287

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, 1(2), 134-145.

Jupri, A., Drijvers, P., & van den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Difficulties in initial algebra learning in Indonesia. Mathematics Education Research Journal, 26, 683-710. https://doi.org/10.1007/s13394-013-0097-0

Kuba, R. F. C., Husna, A., & Amelia, F. (2023). Analisis pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 49-62. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.4551

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247-258. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737

Lussy, M. A. (2021). Deskripsi Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Taniwel Berdasarkan Taksonomi Solo (Doctoral dissertation, IAIN Ambon).

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis kesulitan siswa mts kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (spldv) ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237-246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Muqtada, M. R., Krisma, D. A., & Pradanti, P. (2022). Analisis kesalahan konstruksi konsep peserta didik kelas X pada materi operasi bentuk akar. PYTHAGORAS, 11(2), 141-154. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4470

Nafii, A. Y. (2017). Pemahaman Siswa SMP Terhadap Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 119-125. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10259

Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis penguasaan materi prasyarat aljabar dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26-39. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.127

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 1(2), 323-334. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/72

Nuraida, I. (2017). Analisis kesalahan penyelesaian soal bangun ruang sisi lengkung siswa kelas ix SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 25-30. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.550

Nurjannah, N., & Setiyadi, D. (2022). Peningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan. JISPE : Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 67-78.

Nusroh, S., & Luthfi, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 71-92. http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1145

Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 122-131. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396

Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 567-574. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan koneksi matematik dan motivasi belajar siswa dengan mengunakan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1-13. https://dx.doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Setiyadi, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. JISPE : Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 1-10.

Setiyadi, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika dengan Permainan Tradisional Banyumas pada Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30-38.

Setiyadi, D., Aviari, B. A., & Berliana, E. (2022). Uang Koin dan Kertas Mainan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kontekstual pada Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 67-73.

Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31-42.

Setiyadi, D., Munjaji, I., & Naimah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Tingkat Sekolah Dasar Dengan Satuan Hitung Tidak Baku Khas Banyumas. Jurnal Eduscience, 9(1), 227-234.

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91

Widiasari, F., & Hidayati, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi Solo (Structured of Observed Learning Outcome) di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo. AL THIFL, 1(2), 1-8. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1915

Windarto, A. (2016). Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru pada Materi Aljabar Kelas VII di SMP Kecamatan Bringin (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW). https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal Open Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA) (pp. 165-172).




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.