Pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, N., Mardiana, D., & Saputra, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Matematis Peserta Didik SMP. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(2), 85–91. https://doi.org/10.30999/ujmes.v3i2.539
Darwanto. (2019). Hard Skills Matematik Siswa. Jurnal Eksponen, 9, 21–27.
Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Irawan, B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(1), 38–54. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.132
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Mardiana, Deswita, H., & Isharyadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Rambah. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 180–187. https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.390
Mawarni, & Angraini, S. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Sinektiks terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Eksplorasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Energi dan Transformasi Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 37–41. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4100
Miller, R. G., & Calfee, R. C. (2004). Making Thinking Visible: A Method to Encourage Science Writing in Upper Elementary Grades. Science and Children, 42(3), 20–25.
Prabawati, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinestethic (VAK) Terhadap Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Sumbang [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Praja, E. S., Setiyani, S., Aminah, N., Mudrika, M., & Sagita, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 50–59. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8604
Putra, J. D. (2014). Penerapan Accelerated Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pythagoras, 3(2), 85–98. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.591
Putra, J. D., & Martini, J. (2015). Pengaruh Penerapan Quantum Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Pythagoras, 4(2), 43–55. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.193
Putra, J. D., Suryadi, D., & Juandi, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Education for Sustainable Development. Pythagoras, 10(2), 122–129. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3130
Rahmawati, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Critical Thinking Dan Kemampuan Komunikasi Matematis [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sholikhatun, N. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Sumbang [Skripsi]. Universitas Muhamadiyah Purwokerto.
Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM, 11(1), 187–196. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2997
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA, cv.
Wahyuni, I., & Alfiana, E. (2022). Analisis Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Komposisi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 39–47. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i1.3074
Wati, K., Hidayati, Y., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikiri Kritis Siswa. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4249
Widiyasari, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Dengan Teknik Mnemonic Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Metacognitive Awarness [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.