Pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa

Niken Nurul Azizah, Karunia Eka Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adakah pengaruh dari penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang, dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling untuk menentukan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen tes menggunakan tes uraian yang mengukur kemampuan eksplorasi matematis dengan lima indikator yaitu: 1) menafsirkan atau memahami masalah, 2) memeriksa pola, 3) melakukan pencarian secara informal, 4) memperjelas upaya penyelesaian masalah, dan 5) simbolisasi dan generalisasi. Uji prasyarat untuk melakukan uji parametrik diantaranya dengan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis penelitian dengan uji-t, dimana didapatkan nilai P-value 0,041 lebih kecil dari nilai 1/2 α = 0,0215, maka H_0 ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pada taraf kepercayaan 95% rata-rata kemampuan eksplorasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung.

Keywords


kemampuan eksplorasi matematis; model pembelajaran CORE; matematika

Full Text:

PDF

References


Azizah, N., Mardiana, D., & Saputra, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Matematis Peserta Didik SMP. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(2), 85–91. https://doi.org/10.30999/ujmes.v3i2.539

Darwanto. (2019). Hard Skills Matematik Siswa. Jurnal Eksponen, 9, 21–27.

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Irawan, B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(1), 38–54. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.132

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

Mardiana, Deswita, H., & Isharyadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Rambah. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 180–187. https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.390

Mawarni, & Angraini, S. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Sinektiks terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Eksplorasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Energi dan Transformasi Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 37–41. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4100

Miller, R. G., & Calfee, R. C. (2004). Making Thinking Visible: A Method to Encourage Science Writing in Upper Elementary Grades. Science and Children, 42(3), 20–25.

Prabawati, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, and Kinestethic (VAK) Terhadap Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Sumbang [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Praja, E. S., Setiyani, S., Aminah, N., Mudrika, M., & Sagita, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 50–59. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8604

Putra, J. D. (2014). Penerapan Accelerated Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pythagoras, 3(2), 85–98. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.591

Putra, J. D., & Martini, J. (2015). Pengaruh Penerapan Quantum Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Pythagoras, 4(2), 43–55. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i2.193

Putra, J. D., Suryadi, D., & Juandi, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Education for Sustainable Development. Pythagoras, 10(2), 122–129. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3130

Rahmawati, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Critical Thinking Dan Kemampuan Komunikasi Matematis [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sholikhatun, N. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Terhadap Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Sumbang [Skripsi]. Universitas Muhamadiyah Purwokerto.

Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM, 11(1), 187–196. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2997

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA, cv.

Wahyuni, I., & Alfiana, E. (2022). Analisis Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Komposisi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 39–47. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i1.3074

Wati, K., Hidayati, Y., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikiri Kritis Siswa. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4249

Widiyasari, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Dengan Teknik Mnemonic Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Metacognitive Awarness [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.