Pengembangan game edukasi PHYGO berbasis android sebagai media pembelajaran siswa SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586
Aini, A. N., Anggoro, B. S., & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Program Linier Berbantuan Sparkol. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 289–296.
https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2986
Alexander, A., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075
Amirulloh, T. R. A., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 5(2), 115–123.
https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/viewFile/5355/3634
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.
Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1191–1204. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1191-1204
Firdaus, Y. A., & Yermiandhoko, Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “ Petualangan SI ISAAC ” Berbasis Android Pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 8(2), 240–249.
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60
Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Haryadi, R., & Andriati, N. (2020). Pengembangan Game Berbasis Android Untuk Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 81–92.
Jayanti, A., Hartanto, S., & Husna, A. (2022). So-MathEc media pembelajaran mobile berbasis android studio pada pembelajaran matematika SMP/MTs Anggreiny. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 15(2), 9–25.
Kartikasari, A., & Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Game Moou Train Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 36–46.
Mubharokh, A. S., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2021). Pengembangan game edukasi matematika berbasis komputer pada materi pola bilangan. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 33–43. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34376
Muhtarom, M., Adrillian, H., Huda, B. M.H. A., & Ribowo, M. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 95-108. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2176
OECD. (2019). "PISA 2018 Assessment and Analiytical Framework: Mathematiics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy", Paris: Journal of OECH Publishing, hal 73-95.
https://www.oecdilibrary.org/docserver/13c8a22cen.pdf?expires=1577004238&id=id&accname=g uest&checksum=557808506A866EEC8A89A3219F6E8A48
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.133-140
Permatasari, S., Asikin, M., & Adhi, N. R. D. N. (2022). MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 36. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29323
Pratama, R. A., & Waskitoningtyas, R. S. (2020). Game Android "MENALAR" Berbasis Adobe Animation CC. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 617. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3027
Prensky, M. (2011). From Digital Natives to Digital Wisdom. From Digital Natives to Digital Wisdom. New York.
Putri, A. Y., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2020). Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Komputer pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 133–143. https://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2392
Sari, S. Y., Gusmania, Y., & Hasibuan, N. H. (2023). Pengembangan komik digital sebagai media literasi numerasi. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 85–94. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.5033
Wati, W., & Istiqomah, H. (2019). Game Edukasi Fisika Berbasis Smartphone Android Sebagai Media Pembeajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 162–167. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4341
Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2020). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 91–100. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9759.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.