Hubungan self-efficacy, gender dan KAM terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP

Wini Astria Salam, Abdul Mujib, Merry Noviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis baik secara parsial maupun secara simultan dengan kemampuan literasi matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 28 Batam, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 88 siswa kelas VIII SMP yang ditentukan random sampling dengan cara mengundi perwakilan siswa tiap kelas. Instrumen penelitian berupa angket dan tes yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemampuan literasi matematis siswa; (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara gender dengan kemampuan literasi matematis siswa; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal matematis dengan kemampuan literasi matematis siswa; dan (4) ada hubungan self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis secara simultan (bersama-sama) dengan kemampuan literasi matematis siswa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 38% terhadap kemampuan literasi matematis siswa.

Keywords


self-efficacy, gender, kemampuan awal matematis, Kemampuan Literasi Matematis.

Full Text:

PDF

References


Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Ardianik, & Kadar, S. (2019). Tingkat Kemampuan Awal Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabaya Ditinjau dari Asal Daerah.

Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 45–56.

Deswita, R. (2020). Peningkatan Self Efficacy Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Core Dengan Pendekatan Scientific. Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 173–181.

Husna, W., & Wahyuni, Y. (2022). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Self-Efficacy Dan Gender Siswa. Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 77–84.

Indrawati, F. A., & Wardono. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Istiqomah, P., Kamid, & Hasibuan, M. H. E. (2022). kamid.fkip. 10(4), 2775–2783.

Nurani, M., Mahfud, M. S., Agustin, R., & Kananda, H. V. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 336–347. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp336-347

Nurdiansyah, H. Y., & Sutisna, E. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Kemampuan Awal Matematis Terhadap Literasi Matematis. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 540–545. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10203

Ramadhani, R. (2020). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 7(3), 32–38.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(20), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Setiana, D. S., & Nuryadi. (2022). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6(2), 113–123. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3566

Siregar, N., Fauzi, K. A., & Hasratuddin. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 70–77.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian Kualitatif dan Kuantutatif. In 2016. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dahlan, 734–743.

Yudiawati, N., Kusmayati, Trisaputri, F., & Sari, N. M. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(Vol 11 No 1), 65–78. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3691




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.