Pengaruh pembelajaran MIKiR terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan keaktifan belajar peserta didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, N. (2014). Berpikir Kritis dan Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Contextual Teaching and Learning Berbasis Open Ended Problem, Jurnal Pythagoras Vol.3(2): 53-65
Anggrianti, J., dkk (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351.
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Peserta didik Pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Theorems, Vol 1, no 2, 92-100.
Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asmawati, A., Asy’ari, & Malkan, M. (2020). Active Learning Strategies Implementation in Arabic Teaching at Senior High School. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1) h. 2-120
Darmanah, G. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung Selatan: CV Hira Tech.
Hidayat, T., & Basuki, K. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Jazuli, A. (2022). Modul 1 program pintar penggerak "Praktik baik dalam pembelajaran di SD" Tanoto Foundation. Diambil 7 Desember 2022, dari situs World Wide Web: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel /pendekatan-pembelajaran-aktif-mikir-solusi-pembelajaran-di-abad-21/
Kemendikbud, (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas,
Saatnya Tingkatkan Kualitas.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018- akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.
Mulyati, S., Pratiwi, R., dan Mardliyah, A. (2021). Pendekatan “MIKiR” Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Online Pada Perkuliahan Kimia Organik Pokok Bahasan Senyawa Aldehida Dan Keton. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 1-12.
Noviana, Rusdi, M. T., Ali, A. (2021). Pembelajaran Aktif Konsep “Mikir” Dan
Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Alaudin Makassar. Vol. 3, no. 3 hal 99 -109.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 54 (2013). Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Permendikbud 81 A. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 21 (2016). Tentang Standar Isi
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Syaiful, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Santi, N., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2018). Critical Thinking Ability of Biology Education Students through Solving Environmental Problems. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 11, Nomor 1 Halaman 35 – 39.
Sari K, I.G.A.S. (2020). Pembelajaran Dengan Model Eliciting Activities Berbantuan Lembar Kerja Peserta didik Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMK Kharisma Mengwi. Singaraja: Tugas Akhir Program Magister, Magister Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.
Sari, V. A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Negeri 1 Kedung Waringin Pada Materi Segitiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 318–324.
Siregar, E.F.S. & Sari, S.P. (2020). Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550–556.
Supandi (2021). Populasi Dan Sampel Penelitian. April 1952, 100–108.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.
Susilawati, S. dan Hidayat, R (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Concept Siswa MTs. Jurnal Pythagoras Vol: 5(1): 59-65.
Tanoto Foundation. (2018). Modul I - Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SD dan MI. Jakarta.
Theories of Motivation in Education. Diambil 6 November 2022, dari Situs World Wide Web: https://classroom.synonym.com/theories-motivation-education-5010005.html
Tucker, C. M., Zayco, R. A., & Herman, K. C. (2002). Teacher and child varia bles as predictors of academic engagement among low-income African American children. Psychology in the Schools, 39 (4), 477-488.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta didik Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2.
Yantoro (2020). Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Unsur MIKiR Dalam Pembelajaran Aktif Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar, jurnal PAJAR,Vol 4.No.2, h.356-366
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.5514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.