Pengaruh pembelajaran MIKiR terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan keaktifan belajar peserta didik

Agustina Agustina, Sugilar Sugilar, Sendy Ramdhani

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh pembelajaran MIKiR terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Engau. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batu Engau kabupaten Paser Kalimantan Timur kelas VIII semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Batu Engau dengan sampel adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih mengunakan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa test kemampuan berpikir kritis matematis dan angket untuk keaktifan peserta didik. Analisis yang digunakan adalah MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Dari uji analisis diperoleh hasil p < 0,001; Hotelling’s Trace Value = 4,459, np2 = 0,817. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara 2 kelas pembelajaran sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran MIKiR terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Engau dengan persentase sumbangan sebesar 81,7%.

Keywords


pembelajaran aktif MIKiR; kemampuan berpikir kritis matematis; keaktifan peserta didik

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N. (2014). Berpikir Kritis dan Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Contextual Teaching and Learning Berbasis Open Ended Problem, Jurnal Pythagoras Vol.3(2): 53-65

Anggrianti, J., dkk (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351.

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Peserta didik Pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Theorems, Vol 1, no 2, 92-100.

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asmawati, A., Asy’ari, & Malkan, M. (2020). Active Learning Strategies Implementation in Arabic Teaching at Senior High School. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1) h. 2-120

Darmanah, G. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung Selatan: CV Hira Tech.

Hidayat, T., & Basuki, K. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Jazuli, A. (2022). Modul 1 program pintar penggerak "Praktik baik dalam pembelajaran di SD" Tanoto Foundation. Diambil 7 Desember 2022, dari situs World Wide Web: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel /pendekatan-pembelajaran-aktif-mikir-solusi-pembelajaran-di-abad-21/

Kemendikbud, (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas,

Saatnya Tingkatkan Kualitas.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018- akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.

Mulyati, S., Pratiwi, R., dan Mardliyah, A. (2021). Pendekatan “MIKiR” Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Online Pada Perkuliahan Kimia Organik Pokok Bahasan Senyawa Aldehida Dan Keton. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 1-12.

Noviana, Rusdi, M. T., Ali, A. (2021). Pembelajaran Aktif Konsep “Mikir” Dan

Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Alaudin Makassar. Vol. 3, no. 3 hal 99 -109.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 54 (2013). Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Permendikbud 81 A. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 21 (2016). Tentang Standar Isi

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Syaiful, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Santi, N., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2018). Critical Thinking Ability of Biology Education Students through Solving Environmental Problems. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 11, Nomor 1 Halaman 35 – 39.

Sari K, I.G.A.S. (2020). Pembelajaran Dengan Model Eliciting Activities Berbantuan Lembar Kerja Peserta didik Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMK Kharisma Mengwi. Singaraja: Tugas Akhir Program Magister, Magister Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.

Sari, V. A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Negeri 1 Kedung Waringin Pada Materi Segitiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 318–324.

Siregar, E.F.S. & Sari, S.P. (2020). Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550–556.

Supandi (2021). Populasi Dan Sampel Penelitian. April 1952, 100–108.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Susilawati, S. dan Hidayat, R (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Concept Siswa MTs. Jurnal Pythagoras Vol: 5(1): 59-65.

Tanoto Foundation. (2018). Modul I - Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SD dan MI. Jakarta.

Theories of Motivation in Education. Diambil 6 November 2022, dari Situs World Wide Web: https://classroom.synonym.com/theories-motivation-education-5010005.html

Tucker, C. M., Zayco, R. A., & Herman, K. C. (2002). Teacher and child varia bles as predictors of academic engagement among low-income African American children. Psychology in the Schools, 39 (4), 477-488.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta didik Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2.

Yantoro (2020). Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Unsur MIKiR Dalam Pembelajaran Aktif Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar, jurnal PAJAR,Vol 4.No.2, h.356-366




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.5514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.