Proses berpikir aljabar siswa SMP dalam memecahkan masalah numerasi ditinjau dari adversity quotient
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalliyah N, Wardono, W. dan Mulyono, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4 (1), 1-12.
Apriliasari, R., & Lestari, W. (2021). Prosiding Seminar Nasional Sains Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 9 Jakarta. 2(1), 220–228
Annikmah,I. , Darminto, B.P., Darmono, P.B. (2020). Pengaruh kepercayaan Diri dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa. Pythagoras, 106-113.
Asrijanty, A. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Cahyati, V., & Siswono, T. (2022). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Numerasi Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 748-760.
Herbert, K,& Brown, R.H (2000). Patterns as Tools for Algebraic Reasoning. 123-128.
Hidayat, W., Noto, M. S., & Sariningsih, R. (2019). The Influence of Adversity Quotient on Students’ Mathematical Understanding Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 1-10.
Istiqomah, I, Astuti, E.P., & Kurniawan H. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Climber dalam menyelesaikan Masalah SLDV. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(2), 96.
Kemendikbud (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kemendikbud . (2020). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.
Novianti, D.E (2021) Peneneman Pendidikan Karakter Melalui Pemecahan masalah matematika (Journal pendidikan Edutama), 6(2), 117-124.
Nugroho, A. M., Wardono, Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada pembelajaran TPACK. Prisma, 2(1), 40–45.
Pratiwi, M. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Kooperatif Integrated Reading and Composition ( Circ ) Dengan Pendekatan Realistis. 3, 418–425.
Qur’ani, Z.M.W (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya)
Ridwan Abdulah Sani (2020) Kemendikbud, Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Desain Pengembangan AKM, 1–125.
Rosdiana, R., Agustiani,N. , Nurcahyono, N.A.(2018).Analisis Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Pythagoras, 74-84.
Sa’adah, I.,(2018). Proses Berpikir Aljabar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi. Universitas jember.
Sanit, I N., Subanji. & Sulandra, I M. (2019). Profil Penalaran Aljabar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(9) 1213-1221.
Sintia N., Indah R., Fadiana, M.,2021). Profil Berpikir Intuitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis Siswa. Pythagoras, 208-218.
Stolz.P.G (2000). Adversity Quotient: Turning Obtacles into Opportunities (Mengubah hambatan Menjadi peluang). Terjemahan oleh T. Hermaya. Jakarta: PT. Grasindo Utama.
Sudarman,(2010). Proses berpikir Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Dalam Menyelesaikan masalah Matematika. Disertasi. Program Pasca sarjana Universitas Surabaya. Tidak dipublikasikan.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryaningrum, C. W., Purwanto, Subanji, Susanto, H., Ningtyas, Y. D. W. K., & Irfan, M. (2020). Semiotic reasoning emerges in constructing properties of a rectangle: A study of adversity quotient. Journal on Mathematics Education, 11(1), 95–110.
Yuliardi, R dan Nuraeni, Z (2016). Profil Berpikir Aljabar Siswa MTS Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO dilihat Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. 2(1). 1-11
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.