Pengaruh PBL berbasis TPACK modul GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa

Novi Paryanti, Budi Pratikno, Endang Wahyuningrum

Abstract


Kehidupan abad 21 menuntut penguasaan berbagai keterampilan agar menjadi generasi unggul yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Keterampilan tersebut meliputi pemecahan masalah dan memiliki rasa ingin tahu sebagai bagian dari indikator disposisi matematis. Melalui proses pemecahan masalah, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir logis, kreatif, kritis dan inovatif sehingga diperlukan peran guru dalam perancangan kegiatan pembelajaran dengan penggunaannmodel pembelajarannyang tepat. Penelitian inibbertujuan untuk mendeskripsikan pengaruhmmodel PBL berbasis TPACK melalui desain aplikasi GeoGebra terhadap kemampuanppemecahanqmasalah dan disposisi matematis8siswa6kelas XI SMAqNegeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatifddengan metode quasieeksperimental designnjenis nonequivalent control grouppdesign dengan pretestodanrposttest untukhkelompokjeksperimenndanbkontrol. Sampel dalamopopulasi ini adalah 2hkelas yang diambil dengan teknik non probabilistic sampling, yaitu purposivessampling. Instrumenddalam penelitian ini adalah instrumen teskkemampuan pemecahanmmasalah dan angketddisposisi matematisssiswa. Hasil penelitian ini, berdasarkan Uji Anava Dua Jalan diperoleh nilaissignifikansi pada model sebesar 0,000, maka dapatddisimpulkan bahwa model PBL berbasis TPACK melalui desain aplikasi GeoGebra berpengaruh terhadap kemampuan pemecahannmasalah siswaakelas XI SMA Negerii1 Karangreja KabupatennPurbalingga. Nilai signifikansi pada DM sebesarr0,871 < 0,05, maka dapattdisimpulkanbbahwa disposisi matematisttidakbberpengaruhmterhadapqkemampuangpemecahanxmasalah. Mengingat nilain signifikansipModel*DM sebesarh0,167 > 0,05 maka dapat dikatakan tidak terdapat interaksi antara disposisi matematis siswa dengan pembelajaran model PBL berbasis TPACK melalui desain aplikasi GeoGebra terhadap kemampuanopemecahanrmasalah.

Keywords


Disposisi Matematis Siswa, GeoGebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL, dan Uji Anova.

Full Text:

PDF

References


Abbitt, J. T. (2011). “An Investigasion of the Relationship between Self

Efficacy Beliefs about Technology Integration and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) among Preservice Teachers”. Journal of Digital Learning in Teachers Education. 27:4.

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta. Prenadamedia Group

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baya, N and Daher, W. (2015). The Development of College Instructors Technological Pedagogical and Content Knowledge (Procedia - Social and Behavioral Sciences) no 174 pp 1166–1175

Guswinda, Yuanita, P., dan Hutapea, N M. (2019). Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through StrategiesThink Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency. Journal of Educational Sciences. 3(3), 377-389. E-ISSN: 2581-2203. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JES

Harahap, K. A., Sinaga, B, dan Siagian, P. (2021). Development of Geogebra-Assisted Problem Based Learning (PBL) Learning Tools to Improve Visual Thinking Skills in Mathematical Problem Solving Students of SMA Negeri 1 Samudera. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education. E-ISSN: 2655-1470. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1581

Hendriana, H., Roheti, E. E., dan Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama

Koehler, M. J., Mishra, P., and Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. http://doi.org/10.1177/002205741319300303

Maharani, A., Darhim, Sabandar, J., dan Herman, T. (2018). Menumbuhkan Kemampuan Disposisi Matematis Melalui PBL-Team Teaching. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 2(2), 197-205. https://jurnal.ugj.ac.id/JNPM

Manullang, S., Kristianto S, A., Hutapea, T. A., Sinaga, L. P., Sinaga, B., Marianus S, M., dan Sinambela, P. N. J. M . (2017). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud

Niess, M. L. (2005). Preparing Teachers to Taech Science and Mathematics with Technology: Developing a Technology Pedagogical Content Knowledge. Teaching and Teacher Education, 21, 509-524. https://doi.org/10.1016/j.tate.2005.03.006

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2012 tentang Uji Kompetensi Guru.

Polya, G. (1985). How To Solve It 2nd ed Princeton University Press , New Jersey

Priwitasari, P., Sudiarta, I G P., dan Sariyasa. (2022). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Computer Based Test Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10(2), 206-218. DOI:10.25273/jipm.v10i2.9217.http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/jipm.

Rasilah, Dahlan, J. A., dan Sudirman. (2021). TPACK untuk Guru Matematika di Era Digital: Literature Review. Gema Wiralodra. 12(1), 84-94. E-ISSN: 2622-1969.

Sugiyanto. (2010). Model – model Pembelajaran Inovatif. Surakarta. Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.