PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 2 PARIAMAN

Fauzan Jafri

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji masalah peningkatan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model problem posing tipe post solution posing dan pembelajaran konvensional, mengkaji aktivitas belajar siswa kelas X  SMAN 2 Pariaman selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan  model problem posing tipe post solution posing.  Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Pariaman dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dengan 27 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X2 dengan 31 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Pada selang kepercayaan 95% dengan = 0,05 diperoleh nilai t = 2,073 dan     t = 1,67. Rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 51,32 sedangkan rata-rata hasil tes akhir siswa kelas kontrol adalah 42,67, karena  t > t  berarti hipoteis penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model problem posing tipe  post solution posing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil observasi secara umum terjadi peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran model problem posing dari pertemuan pertama sampai terakhir.

 

Kata kunci: Problem Posing, Post Solution Posing, Hasil belajar

 

Abstract

 

This study aimed to examine the problem of improving learning outcomes between students who get the learning model of the type of post-solution problem posing posing and conventional learning, assessing the activity of class X student of SMAN 2 Pariaman during the learning process by using a mathematical model of the type of post-solution problem posing posing. This research is a quasi experimental design model Randomized Control Group Only Design. The population in this study were students of class X of SMAN 2 Pariaman and sample in this research is the class X1 with 27 students as control class and class X2 with 31 students as a class experiment. The research instrument used is the achievement test and observation sheet. The final test result data processing is done through hypothesis testing using t-test. At the 95% confidence interval = 0.05 obtained value t = 2.073 and t = 1.67. The average results of experiments testing the student's final grade is 51.32 while the average results of the final test control class is 42.67, for t> t mean hipoteis this study received. So it can be concluded that the results of students 'mathematics learning by using a model of post-type problem posing posing a better solution than the results of students' mathematics learning using conventional learning model. Based on observations in general an increase in activity of students during the learning model of problem posing from the first to the last meeting.

 

Keywords: Problem Posing, Post Solution Posing, Student’s Achievement


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dewi Mahabbah Intan. (2007). “Model pembelajaran problem posing Tipe post solution posing untuk mengajarkan Pemahaman konsep matematika pokok bahasan Bangun segiempat pada peserta didik kelas VII Smp negeri I Balapulang Tegal.” Laporan Penelitian. UNS

Elfi Rini Yenti (2006). ”Penerapan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 4 Padang. Dalam penelitiannya problem posing”. Laporan Penelitian UNP

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sumadi Suryabrata (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i1.563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.