Analisis kemampuan literasi numerasi siswa SMAN 5 Batam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, F. dkk (2021)Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II.JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu KependidikanVol, 5. No, 3. Tahun 2021
Amir, & Zubaidah. (2014). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Buku Beta.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.
Grasby, K. L., Little, C. W., Byrne, B., Coventry, W. L., Olson, R. K., Larsen, S., & Samuelsson, S. (2020). Estimating classroom-level influences on literacy and numeracy: A twin study. Journal of Educational Psychology, 112(6), 1154–1166
Himmi, N. (2016). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linier Antara Menggunakan Metode Determinan Dengan Metode Substitusi Di Man 1 Medan. Pythagoras, 5(1), 45–51. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/239
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 8). Jakarta.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Mizaniya, M. (2020). Analisis Materi Pokok Matematika Mi/Sd. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 98. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a10.2020
Munahefi, D. N., Lestari, F. D., dkk. (2023). Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 6, 663-66
Nurcahyono, A. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19-29. https://doi.org/xxxxxx
Perdana.R dan Suswandari. M (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal 9 Vol. 3., No. 1, Mei 2021, pp. 9-15
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis]. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.
Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 8–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088
Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan : Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan, & Analisis Butir Soal Berdasarkan Kurikulum 2013 Menuju Penilaian Abad 21. Jakarta: Erlangga.
Sani, R. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum. Pembelajaran Beroreantasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), pp. 1–4. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Musharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.
Widiantari, I.K.K, dkk (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10(2), 2022, 331-343. DOI : 10.25273/jipm.v10i2.10218
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Utami, Ratna Widianti. Watsqa, Dhorova Urwatul. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2). 166-175.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.