Analisis kemampuan literasi numerasi siswa SMAN 5 Batam

Nazifhah Syadran, Suryo Hartanto, Nailul Himmi Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal mata pelajaran matematika. Indikator kemampuan literasi dan numerasi penelitian ini merujuk pada angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika dasar yang diaplikasikan secara kontekstual antara lain, menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk grafik, tabel, bagan, diagram dan menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS SMAN 5 Batam, berjumlah 41 orang. Pengumpulan data menggunakan Instrumen tes dan wawancara. Instrumen penelitian telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data merujuk pada Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, siswa kategori berkemampuan tinggi pada literasi numerasi mampu menyebutkan makna, penggunaan angka dan simbol matematika dasar, mampu menuliskan dan menyebutkan informasi yang diperoleh, dan lebih mudah memprediksi dan mengambil keputusan. Siswa berkemampuan sedang, kurang tepat dalam penggunaan angka dan simbol matematika dasar, beberapa belum mampu memperoleh informasi, dan belum seluruhnya mampu mengambil keputusan. Siswa berkemampuan rendah, sebagian besar tidak menggunakan angka-angka dan simbol matematika dasar, hanya beberapa yang dapat menganalisis informasi, dan belum mampu mengambil keputusan.

Keywords


Kemampuan literasi numerasi, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Afandi, F. dkk (2021)Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II.JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu KependidikanVol, 5. No, 3. Tahun 2021

Amir, & Zubaidah. (2014). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Buku Beta.

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.

Grasby, K. L., Little, C. W., Byrne, B., Coventry, W. L., Olson, R. K., Larsen, S., & Samuelsson, S. (2020). Estimating classroom-level influences on literacy and numeracy: A twin study. Journal of Educational Psychology, 112(6), 1154–1166

Himmi, N. (2016). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linier Antara Menggunakan Metode Determinan Dengan Metode Substitusi Di Man 1 Medan. Pythagoras, 5(1), 45–51. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/239

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 8). Jakarta.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Mizaniya, M. (2020). Analisis Materi Pokok Matematika Mi/Sd. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 98. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a10.2020

Munahefi, D. N., Lestari, F. D., dkk. (2023). Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 6, 663-66

Nurcahyono, A. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19-29. https://doi.org/xxxxxx

Perdana.R dan Suswandari. M (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal 9 Vol. 3., No. 1, Mei 2021, pp. 9-15

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis]. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 8–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088

Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan : Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan, & Analisis Butir Soal Berdasarkan Kurikulum 2013 Menuju Penilaian Abad 21. Jakarta: Erlangga.

Sani, R. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum. Pembelajaran Beroreantasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), pp. 1–4. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Musharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Widiantari, I.K.K, dkk (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10(2), 2022, 331-343. DOI : 10.25273/jipm.v10i2.10218

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Utami, Ratna Widianti. Watsqa, Dhorova Urwatul. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2). 166-175.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.