PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBASIS LKS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP BAPTIS BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Jaya Dwi Putra, Pitta Armita Sibarani

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII SMP Baptis Batam Tahun Pelajaran 2013/4014.           Sampel penelitian adalah kelas VIIIa terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil validitas tiap item soal dengan rxy > rtabel dan reliabilitasnya dengan rhitung ≥ rtabel (0.0552 ≥ 0,404), serta hasil analisis uji hipotesis dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 64,6 serta hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 14.07 dikelas eksperimen dan thitung = -14.03 kelas kontrol dan ttabel = 1,711 disini dapat dilihat bahwa pendekatan RME lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 18,00 dan ttabel pada taraf nyata α = 0,05 dan derajat kebebasan = 46 adalah 2,015. Dapat dilihat bahwa ttabel < thitung maka H0 ditolak dan Ha diterima, ini berarti peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan RME di kelas eksperimen lebih meningkat dari siswa kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Baptis kelas VIII Batam.

 

Kata Kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kubus

Abstract

This study aims to investigate the improvement of students' mathematical communication skills on the subject of geometry in class VIII SMP Baptist Batam academic year 2013/4014.

Samples were VIIIA class consists of 24 students as experimental class and VIIIB class consists of 24 students as the control class. The results about the validity of each item rxy> rtabel and reliability with rhitung ≥ rtabel (0.0552 ≥ 0.404), as well as the results of the analysis of hypothesis testing with the average value of the experimental class was 89.7 and the average value of the control class is 64.6 and the results obtained by calculating the value of t = 14:07 experimental class and t = -14.03 control class and table = 1.711 can be seen here that the RME approach is more effective to improve students' mathematical communication. T test calculation results obtained value of t = 18.00 and TTable the real level α = 0.05 and degrees of freedom = 46 is 2.015. It can be seen that ttable <tcount then H0 is rejected and Ha is received, this means an increase in mathematical communication skills of students who take the RME approach learning in the classroom experimentation increases from control class. It can be concluded that the application of the RME approach can improve students' mathematical communication skills Baptist junior class VIII Batam.

 

Keywords: RME Approach, Communication Ability Mathematically, Cube


Full Text:

PDF

References


Daryanto (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung: Yrama Widya.

Djamarah (2011). Psikologi Belajar, Jakarta: Edisi Revisi 2011, Rineka Cipta.

Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Enschede: Print Partners Ipskamp.

Riduwan, 2003. Dasar-dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i1.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.