HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 34 BATAM TAHUN 2014
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan yang signifikan dan seberapa besar pengaruhnya antara konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Alat pengukuran data dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket yang diberikan adalah dengan bentuk silang (X) yang sudah valid dan reliabel sebanyak 24 item. Bentuk tes yang diberikan adalah tes objektif dengan materi pokok kubus dan balok yang sudah valid dan reliabel sebanyak 17 soal. Berdasarkan jenis dan metodenya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Ex Post Facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Batam Tahun pelajaran 2013/2014 dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 138 siswa.
Berdasarkan hasil analisis statistik, diperoleh koefisien korelasi dan signifikan pada , serta dengan model regresi dengan demikian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika dan konsep diri memiliki pengaruh sebanyak terhadap hasil belajar matematika, sehingga dapat disimpulkan bahwa konstribusi konsep diri terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar .
Kata kunci: Konsep Diri, Hasil Belajar Matematika
Abstract
This study was conducted to prove whether there is a significant relationship and how much the influence of the self-concept and mathematics learning outcomes eighth grade students of SMP Negeri 34 Batam Academic Year 2013/2014. Based on the observation that the researcher do at the eighth grade students of SMP Negeri 34 Batam Academic Year 2013/2014 on the subjects of mathematics that have not achieve optimal results.
Based on the types and methods, this research is a quantitative research study using Ex Post Facto. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 34 Batam school year 2013/2014 and the total sample in this study is 138 students. Correlation of data instruments used in the study is using a questionnaire consisting of 24 questions to measure students' self-concept and to obtain data on the student learning outcomes using mathematics subject test with cubes and beams.
Based on the results of the statistical analysis, the researcher found correlation coefficient and significant at , and also the regression model . Thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between self-concept and mathematics learning outcomes. The self-concept itself has for the influence on the outcome of learning mathematics. While the coefficient of determination and the presentation is . Then it can be concluded that the contribution of the self-concept of learning outcomes for mathematics is .
Keywords: Self-Concept, Mathematics Learning Results
Full Text:
PDFReferences
Dwija I W. (2008). Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II SMA Unggulan di Kota Amlapura. Bali: STKIP Agama Hindu Amplapura, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Setiawan, B. (2013). Statistik Bisnis Ekonomi. Yogyakarta : Andi
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i1.571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.