PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BATAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DUA TAMU DUA TINGGAL (DUTA-DUTI) DENGAN TIME TOKEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yulian Sari, Wulandari Wulandari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran dua tamu dua tinggal dan time toke efektif digunakan dalam pembelajaran, serta untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar matematika siswa antara yang memakai model pembelajarran dua tamu dua tinggal dengan time token di SMA Negeri 5 Batam tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini yaitu penelitian komparasi yang beersifat membandingkan dua model pembelajaran yaitu dua tamu dua tinggal dan time token.

Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan sampelnya yaitu kelas xi ips 4 sebagai kelas dua tamu dua tinggal dan xi ips 5 sebagai kelas time token. pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama setelah diuji validitas dan reliabilitas.

Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran dua tamu dua tinggal (duta-duti) dan time token efektif digunakan. Tetapi tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, duta-duti, time-token, hasil belajar.

 

Abstract

This study aims to determine whether the learning model two guests staying and time toke two effectively used in learning, as well as to know the difference between the results of students' mathematics learning using learning model two guests staying with time two tokens in SMAN 5 Batam academic year 2012/2013 . This type of research is a comparative study that is comparing two learning models, namely two two guests staying and time tokens.

The populations of this study were students of class XI IPS SMAN 5 Batam 2012/2013 academic year, while the sample is xi ips class 4 as a second-class two-stay guests and xi ips 5 as class time tokens. at the end of the class is learning both the final test using the same instrument after tested for validity and reliability.

The results showed that the learning model two guests two live (ambassador-DUTI) and time tokens effectively used. But there is no difference mathematics learning outcomes.

 

Keywords: learning model, ambassador-DUTI, time-token, learning outcomes.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Khasanah, D. R. (2011). Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diberi Metode STAND Dengan TGT Kelas VIII MTs Negeri Sumberagung Jetis Bantul. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Rasyid, H. & Mansur (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima

Ridwan (2003). Dasar – dasar statistic. Bandung : Alfabeta

Siregar, S (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Yohanes (2012). Diktat model – model pembelajaran cooperative. Padang : Universitas Negeri Padang




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i1.574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.