RANCANG BANGUN DAN ANALISIS EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KONSULTASI MATEMATIKA DISKRET MENGGUNAKAN METODE INFERENSI FORWARD CHAINNING

I Gede Santi Astawa, Luh Putu Ida Harini

Abstract


Abstrak

 

Mata kuliah Matematika Diskrit adalah salah satu mata kuliah wajib yang memerlukan ketelitian dan tingkat penalaran yang lebih, sehingga perlu ada bahan pembelajaran yang mampu membantu mahasiswa untuk memahami materi dan berlatih. Berdasarkan hal tersebut, dikembangkanlah prototype sistem media konsultasi Matematika Diskret. Metode kecerdasan buatan runut maju dan runut mundur digunakan sebagai alternative untuk melayani pertanyaan-pertannyaan tanpa informasi yang lengkap dari pengguna. Selain mengembangkan sistem, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkuliahan dengan menggunakan bantuan media konsultasi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa khususnya untuk mata kuliah Matematika Diskret dan untuk mengetahui nilai efektivitas dari media konsultasi dalam meningkatkan pemahaman dan  penalaran  mahasiswa. Dalam pelaksanaan penelitian, subjek penelitian (mahasiswa) dibagi ke dalam dua kelompok dan diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu pembelajaran konvensional dan pembelajaran menggunakan bantuan media konsultasi sebagai media belajar mandiri. Prosedur pelaksanaan eksperimen terdiri dari pelaksanaan pre test, pemberian perlakuan, dan post test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif kuantitatif dilakukan terhadap data-data yang diperoleh dari hasil pre test dan post test, menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Metode pembelajaran menggunakan media konsultasi memberikan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang lebih besar dibandingkan pembelajaran konvensional. Pemberian pembelajaran dengan menggunakan bantuan media konsultasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan penggunaan media konsultasi sebagai media bantu mahasiswa belajar secara mandiri, efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi matematika diskret.

 

Kata Kunci: forward chainning, matematika diskret, media konsultasi, prototype.

 

Abstract

 

Discrete Mathematics course is one of the compulsory subjects that require precision and a more level reasoning, so it needs no learning materials that can help students to understand the material and practice. Based on this, it is developing a prototype system Discrete Mathematics media consultation. Artificial intelligence methods trace forward and backward trace is used as an alternative to serving questions-questions arise without complete information of the user. In addition to developing the system, this study also aims to determine the extent of the course with the help of consulting media can improve student achievement, especially for Discrete Mathematics subjects and to determine the effectiveness of media consultancy value in improving student understanding and reasoning. In the conduct of research, research subjects (students) were divided into two groups and given different treatments, namely conventional teaching and learning using media consulting assistance as a self-learning media. The procedure consists of the implementation of the experimental implementation of the pre-test, giving treatment, and post-test. Data were analyzed using descriptive analysis of qualitative and quantitative. Quantitative descriptive data analysis performed on the data obtained from the pre-test and post-test, using descriptive and inferential statistical analysis. The learning method uses a media consultancy provides improved student learning outcomes greater than conventional learning. Provision of learning with the help of media consultancy significantly influence student learning outcome. Thus the results of the consultation showed the use of media as a medium to help students learn independently, effective in improving student understanding of the material discrete mathematics.

 

Keywords: forward chainning, discrete mathematics, media consulting, prototype

Full Text:

PDF

References


Astawa, S. (2011). Sistem Tutorial Adaptif untuk Pembelajaran Aritmatika Tingkat Sekolah Dasar, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sutomo. (2004). Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Teknodika 2 (3) : 89 – 112.

Wulan, E.R. (2004). Keefektifan Penggunaan Media Model dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknodika 2 (3) : 44-63.

Zarlis, M. (2008), Sistem Tutorial Cerdas dalam Pengajaran Kaidah Berangka bagi Penyelesaian Model Matematika Kamiran dalam Fisika, Desertasi, University Sains Malaysia.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i1.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.