PENGARUH MINAT BELAJAR DAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 4 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yesi Gusmania, Leni Marlena

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh  minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMA N 4 Batam. 2) Apakah ada pengaruh emotional quotient terhadap hasil belajar matematika siswa SMA N 4 Batam. 3) Apakah ada pengaruh minat belajar dan emotional quotient secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa SMA N 4 Batam.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-IPA, kelas X-IPS1, X-IPS2, XIPS 3 SMA N 4 Batam tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling dengan perkiraan tingkat kesalahan adalah 5%. Maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 163 orang siswa kelas X SMA N 4 Batam tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Angket. Angket yang diberikan terdiri dari dua bagian yaitu angket tentang minat belajar siswa dan emotional quotient dan untuk variabel terikatnya menggunakan dokumentasi yaitu hasil belajar semester ganjil.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) minat belajar siswa mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8,35%. 2) emotional quotient mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 2,72% terhadap hasil belajr matematika siswa. 3) minat belajar dan emotional quotient secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 8,903% terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: Minat belajar siswa, Emotional Quotient, Hasil belajar matematika siswa

 

Abstract

 

This study aims to determine 1) Is there any influence of student interest to high school students' mathematics learning outcomes N 4 Batam. 2) Is there any influence of emotional quotient of the high school students' mathematics learning outcomes N 4 Batam. 3) Is there any influence of learning and emotional quotient simultaneously to the high school students' mathematics learning outcomes N 4 Batam.

This research is quantitative research. This study consists of two independent variables and the dependent variable. The population of this research is all class X-IPA, class X-IPS1, X-IPS2, XIPS 3 N 4 Batam high school academic year 2013/2014. Sampling using sample random sampling with an estimated error rate is 5%. Then the number of samples in this study were 163 students of class X SMA N 4 Batam 2013/2014 school year. Data collection techniques used in this study were Questionnaire. Questionnaires were given consisted of two parts: a questionnaire about students' learning interest and emotional quotient and use the documentation for the dependent variable is the result of learning semester.

The results showed: 1) interest in student learning has a positive and significant influence on the results of students' mathematics learning 8,35%. 2) emotional quotient has a positive and significant impact by 2.72% against the results of the study is to mathematics students. 3) learning and emotional quotient simultaneously provide a positive and significant effect of 8.903% on the results of students' mathematics learning.

 

Keywords: Interest in learning students, Emotional Quotient, results of students' mathematics learning


Full Text:

PDF

References


Lubis, S. (2009). Metodologi penelitian pendidikan. Padang: Sukabina Press

Riduwan (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Siregar, S. (2013). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Muhibbinsyah (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sofyan, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v4i1.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.